Contoh Paragraf Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi

Paragraf adalah kesatuan pikiran yang mengungkapkan ide pokok yang berbentuk dalam rangkaian kalimat yang berkaitan dengan bentuk (kohesi) dan makna (koherensi). Ditinjau dari jenisnya, paragraf dibedakan menjadi lima jenis, yakni:
- Paragraf Narasi
- Paragraf Deskripsi
- Paragraf Eksposisi
- Paragraf Argumentasi
- Paragraf Persuasi

Tahukan anda perbedaan bentuk teks antara paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi?

Kali ini, saya akan memberi contoh masing-masing kelima paragraf tersebut dengan tema bahasan mengenai Pantai Parangtritis. Sengaja saya buat dengan tema yang sama agar pembaca lebih mudah mengetahui perbedaan dari kelima jenis paragraf tersebut.

A. Paragraf Narasi --> Menceritakan atau mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu.

Contoh:
Tepat ketika tanggal 10 Maret, sekolahku libur selama sembilan hari dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Aku dan seluruh keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu ini untuk mengadakan liburan keluarga. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis. Pagi-pagi aku telah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan hati suka ria, aku sambut Pantai Parangtritis dengan senyumku. Pantai Parangtritis, pantai nan elok yang menjadi favoritku. Tanpa menyia-nyiakan waktu, aku mengajak kakakku untuk bermain air. Kuambil air dan aku ayunkan ke mukanya. Dengan canda tawa, kami saling berbalasan. Puas rasanya, terasa hilang semua kepenatan karena kesibukan tiap harinya. Di sana, aku dan seluruh keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. Tak terasa waktu berjam-jam telah kuhabiskan disana. Hari pun mulai sore menandakan perpisahan dan kembali pulang. Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok.

B. Paragraf Deskripsi --> Menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetil sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.

Contoh:
Masih melekat di mataku, pemandangan indah nan elok pantai Parang Tritis. Gelombang ombak bergulung-gulung datang silih berganti menyambutku serasa ingin mengajak bermain. Air yang jernih dan pasir putih lembut yang menghampar luas tanpa ada tumbuh-tumbuhan atau karang yang menghalangi membuatku ingin kembali lagi. Di sebelah kanan-kiri, aku bisa memandang air laut sejauh mata memandang, pandai dengan bukit berbatu, pesisir serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara pantai. Kurasakan dingin membasuh kakiku karena ombah menghempas kakiku dan terasa asin air itu ketika bibirku terkena percikan. Sepanjang aku berjalan, hampir pinggiran pantai dipenuhi oleh pengunjung wisatawan. Kulihat ada yang berlari berkejar-kejaran di bibir pantai, bermain bola, bermain dengan air, berfoto-foto dengan latar sekitar pantai. Tapi yang paling membuatku tertarik, kulihat ada beberapa turis manca negara yang menikmati keindahan pantai ini dengan naik delman. Seperti apa yang aku lihat, pantai ini memang sangat ramai pengunjung. Tak pernah sunyi pantai Parang Tritis.

C. Paragraf Eksposisi --> Menjelaskan atau memaparkan tentang sesuatu dengan tujuan member informasi (menambah wawasan).

Contoh:
Parangtritis adalah nama desa di kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di desa ini terdapat pantai Samudera Hindia yang terletak kurang lebih 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir yang tinggi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Selain itu ada pemandian yang disebut parang wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut. Air panas dari parang wedang dialirkan ke pantai parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak. Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. selain itu juga parangtritis sebagai tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

D. Paragraf Argumentasi --> mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta

Contoh:
Pantai Parangtritis memang memiki keindahan eksotis yang membuat wisatawan ramai berkunjung, tetapi juga sering menelan korban. Yang disayangkan, sebagian masyarakat Indonesia masih saja menganggap peristiwa tersebut berkaitan dengan hal-hal mistis, yakni dikarenakan Ratu Pantai Selatan meminta tumbal. Padahal, ada penjelasan ilmiah di balik musibah tersebut. Para praktisi ilmu kebumian menegaskan bahwa penyebab utama hilangnya sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret rip current. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik tidak hanya kuat, tetapi juga mematikan. Jadi, banyaknya korban tenggelam tidak ada kaitannya sama sekali dengan anggapan para masyarakat. Ali Susanto, Komandan SAR Pantai Parangtritis, juga menambahkan bahwa disepanjang Pantai Parangtritis juga banyak terdapat palung (pusaran air) yang tempatnya selalu berpindah-pindah dan sulit diprediksi. Kondisi inilah yang sering banyak menimbulkan korban mati tenggelam.

E. Paragraf Persuasi --> karangan yang bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis.

Contoh:
Pantai Parangtritis memang memiki keindahan eksotis yang membuat wisatawan ramai berkunjung, tetapi juga sering menelan korban. Yang disayangkan, sebagian masyarakat Indonesia masih saja menganggap peristiwa tersebut berkaitan dengan hal-hal mistis, yakni dikarenakan Ratu Pantai Selatan meminta tumbal. Padahal, ada penjelasan ilmiah di balik musibah tersebut. Para praktisi ilmu kebumian menegaskan bahwa penyebab utama hilangnya sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret rip current. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik tidak hanya kuat, tetapi juga mematikan. Jadi, banyaknya korban tenggelam tidak ada kaitannya sama sekali dengan anggapan para masyarakat. Ali Susanto, Komandan SAR Pantai Parangtritis, juga menambahkan bahwa disepanjang Pantai Parangtritis juga banyak terdapat palung (pusaran air) yang tempatnya selalu berpindah-pindah dan sulit diprediksi. Kondisi inilah yang sering banyak menimbulkan korban mati tenggelam. Oleh karena itu, selayaknya warga masyarakat tidak lagi percaya hal-hal gaib dan bisa mengedepankan penalaran logika atau akal sehat. Pemerintah daerah pun sebaiknya memberikan pemahaman yang benar mengenai penyebab bencana laut kepada warga di sekitar pantai. Informasi tersebut dapat diteruskan kepada wisatawan guna meningkatkan kewaspadaan mereka.




Dapatkan update artikel GRATIS via email. Masukkan email, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru di Science And Education
Science And Education
223 comments:
  1. terimakasih penjelasannya. tapi saya mau tanya tentang contoh paragraf persuasi yang Anda berikan, bukannya yang ada kata "oleh karena itu" merupakan ciri paragraf argumentasi? guru bahasa Indonesia saya di sekolah mengatakan seperti itu. walaupun sebenarnya menurut saya "oleh karena itu" merupakan ciri paragraf persuasi. mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  2. Sudah saya jelaskan di blog anda. Semoga lebih jelas.

    ReplyDelete
  3. semakin membuatku paham

    ReplyDelete
  4. Terima kasih juga untuk kunjungannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda

    ReplyDelete
  5. Teringat pelajaran bhsa waktu SMP dan SMA :)

    ReplyDelete
  6. terima kasih ya ataas penjelasannya

    ReplyDelete
  7. wahh makasih yachh setelah saya membaca, saya jadi siap neh buat final test hari ini

    ReplyDelete
  8. apa ini termasuk contoh laporan>?

    ReplyDelete
  9. tolong buatkan argumentasi dengan tema disiplin kunci sukses belajar untuk tugas b. Indo ku..tolong yah

    ReplyDelete
  10. sip!!! nambah mantap pemahamanku. trims

    ReplyDelete
  11. Terimakasih ya penjelasannya sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  12. Terima kasih infonya. Sangat membantu karena saya sedang mencari info perbedaan paragraf ini.

    ReplyDelete
  13. terimakasih,,sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas.

    ReplyDelete
  14. terimakasih banget karna membantu saya dalam mengerjakan tugas

    ReplyDelete
  15. terimakasih telah membantu saya :)

    ReplyDelete
  16. thanks ats infonya, bs nmbh2 ilmu b.i

    ReplyDelete
  17. apakah paragraf narasi bisa menggunakan fiksi?

    ReplyDelete
  18. Terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  19. Niatnya mau baca" contoh paragraf eksposisi..
    Eh ternyata yang satu ini membuatku ingat masa" liburanku di Parangtritis w/ keluarga :)

    ReplyDelete
  20. Niatnya mau baca" contoh paragraf eksposisi..
    Eh ternyata yang ini bikin aku teringat masa" liburanku bersama keluargaku disana :)
    keren bahasanya..!

    ReplyDelete
  21. Niatnya mau baca" contoh paragraf eksposisi..
    Eh ternyata yang satu ini membuatku ingat masa" liburanku di Parangtritis w/ keluarga :)

    ReplyDelete
  22. Sangat bermanfaat, lengkap lagi...
    ini yang saya cari2...
    makasih :D

    ReplyDelete
  23. ada penjelasan yang lebih rinci lagi??
    misal ciri-cirinya (narasi,deskripsi,eksposisi,argumentasi,persuasi)

    ReplyDelete
  24. ada artikel tentang pola pengembangan paragraf tidak??

    ReplyDelete
  25. makasih berbuna banget nih blog

    ReplyDelete
  26. terimakasih ya buat contoh2nya,membantu bgt buat aku di sekolah

    ReplyDelete
  27. Rhima Kelces@ penjelasan yang lebih rinci pastinya ada. Anda bisa saja googling dengan kata kunci ciri-ciri paragraf (isi jenis paragraf yang ingin km cari)

    untuk artikel ini, saya hanya menekankan pada perbedaan kelima jenis paragraf tersebut. Terima kasih masukannya. Kalau ada waktu, akan saya share lebih detil masing-masing jenis paragraf tersebut.

    ReplyDelete
  28. ada contoh nya yang lai gk

    ReplyDelete
  29. contoh lain akan saya share di lain waktu. Ditunggu ya. Maaf sebelumnya

    ReplyDelete
  30. trimakasih atas teksnya berkat anda PR saya tertolong terimaksih banyak....

    ReplyDelete
  31. Makasih yaa infonya ^^
    jadi gk bingung lagi u/ buat tugasnya :D

    ReplyDelete
  32. Thanks ya, artikel kmu mmbantu bgt ^^
    jadi gk bingung lagi buat ngerjain tugas :D

    ReplyDelete
  33. @rezky-Maulidya Larasaty Seisarrina-vhivy kelo: Sama-sama. Senang bisa saling membantu :)

    ReplyDelete
  34. WAHHH BRO GAK BISA COPAS
    TAPI INI BLOG YANG MEMBANTU SAYA UNTUK MEMEAHAMI APA ITU PARA FRASA TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  35. bagus bgt ni artikel :)

    ReplyDelete
  36. terima kasih ya....

    ReplyDelete
  37. makasih yach, mudah-mudahan hasil ulanganku lancar amin.

    ReplyDelete
  38. Terima kasih atas penjelasannya..
    sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  39. Boleh tanya ya? Apakah naskah deskripsi suatu benda sama dengan naskah utk menjelaskan suatu seting benda? Misal menjelaskan seting tentang api, apakah berarti adalah mendeskripsikan api? Saya mndapat tugas demikian dan dibuat bingung. Terimakasih

    ReplyDelete
  40. Deskripsi suatu benda dengan seting obyek benda tunggal sama nggak ya?

    ReplyDelete
  41. terima kasih atas informasinya,semoga bermanfaat.
    aku sekarang kelas 1 sma,aku masuk dalam kelas x 1.di sana aku punya banyak teman yang baik.menurut saya kelas saya bentuknya kotak,warnanya krim agak kotor,isinya agak berantakan,letaknya berada di samping tangga dan cukup strategis,suasana di kelas ku panas dan horor.

    ReplyDelete
  42. ya,terima kasih atas artikelnya.
    sekarang saya sudah kelas satu sma al islam 1 ska.saya masuk di kelas x 1,kelasnya lumayan besar dan nyaman.warnanya kusam,isinya kurang rapi,agak berantakan,kelas saya berada di samping tangga,suasana di kelas saya cukup panas dan ramai nama:taufiq fajar h.
    x 1
    38

    ReplyDelete
  43. terima kasih atas artikel yanmg bapak berikan.
    saya sekarang duduk di sma al islam 1 ska.
    saya masuk di kelas x 1,di sana saya punya banyak teman,yang baik.di kelasku bentuknya kotak,warnanya krem agak kotor dan kusam,isinya agak berantakan dari susunan meja maupun kursinya,letak kelas ku berada di samping tangga lantai 2.dan suasana di kelasku agak panas dan horor.
    nama:m.ilham agung y.
    no:32
    kelas:x 1

    ReplyDelete
  44. Ketika aku masuk kelas baruku, aku sungguh terpesona melihatnya. Kelasku yang berbentuk kubus, warnanya kuning keputih putihan dengan ada jendela yang berwarna hijau. Isi kelasnya ada 40 kursi, ada 20 kursi, dan di tambah 1 meja dan kursi untuk guru yang tertata rapi, ada papan tulis, gambar-gambar yang bermacam-macam. Kelasku terletak di lantai 3 tepatnya di pojok timur utara. Suasana di kelas sungguh panas karena terletak di lantai 3. Namun walaupun kelasku panas, aku akan terus bersemangat untuk belajar.

    DEDI KURNIAWAN / X-1 / 28

    ReplyDelete
  45. Bel sekolah pun berbunyi menandakan semua siswa masuk ke kelas masing-masing,begitu pun juga aku,memasuki kelas X-1 yang berada di lantai 3 paling pojok yang berbentuk persegi panjang dengan warna putih agak kehitaman.Ketika guru mamasuki kelas banyak guru yang mengeluh tentang keadaan kelasku yang ramai,panas,pengap dan kotor yang membuat KBM tak nyaman,tapi kami selalu berusaha mengatasi itu semua.
    MUH AGUNG NUGROHO X-1/34

    ReplyDelete
  46. Lama sudah aku tak kembali ke sini. Ke rumahku yg sangat ku rindukan. Halamannya yg luas dan sejuk akan pohon-pohonnya. Kolam ikan kecil. Garasi yg di dalamnya terdapat mobil dan motor. Teras yg bersih seakan aku tidak mau menginjaknya. Suasana di dalam rumah tidak hening tapi juga tidak ramai. Ku lihat ke semua sudut rumah. Terlihat meja makan yg rapi dan ruang keluarga yg sangat tertata rapi. Ku sentuh pot bunga yg ada di sudut-sudut ruangan bersih dan indah. Inilah rumah sederhanaku.
    Aisyah Aulia/X.5/03

    ReplyDelete
  47. @Kinkin:
    Menjelaskan seting tentang api memang merupakan kegiatan mendeskripsikan, yang berarti bukan pendeskripsian bendanya, melainkan letaknya.

    Contoh: Terlihat api unggun yang sangat menghangatkan malam itu, yang terletak tepat di tengah-tengah lapangan dengan kerumunan tenda-tenda yang berwarna ungu.

    Kalau mendeskripsikan bendanya, akan seperti ini:
    Terlihat api unggun yang sangat menghangatkan malam itu, yang berwarna kuning kemerah-merahan dengan sesekali berkobar-kobar tertiup angin.

    ReplyDelete
  48. Cukup lama ku tak berkunjung di rumah saudaraku di desa. Suasananya sunyi, udaranya yang sejuk, dan teduh yang diiringi oleh pepohonan yang rindang. Sejauh mata memandang, terlihat banyak pohon yang hijau dan tertata dengan rapi. Tak terdengar lagi suara bising dari kendaraan yang lalu-lalang di sana. Yang terdengar hanyalah suara dari serangga-serangga, dan burung-burung yang saling bersahutan.
    M. Fikri Ghozali/X-5/34

    ReplyDelete
  49. Saya bersekolah di salah satu SMA favorit di kota ku, Sma Al-islam 1 Surakarta. Saya cukup senang dapat di terima di Sma Al-Islam, saya mendapat kelas X-4, sekilas kelas ku ini terlihat sempit, terlihat cat hijau mewarnai kelas ini, terlihat ada 20 meja dan 40 kursi berjejer rapi dan satu meja guru. Di depan ada satu buah papan tulis dan diatas nya ada simbol pancasila yaitu lambang Garuda, foto Bapak Presiden dan Wakil presiden juga menghiasi dinding kelas. Di langit-langit terdapat 6 buah lampu dan satu kipas kecil, kipas kecil itu pun terkadang tidak bisa menyala, membuat kelas menjadi sangat panas, juga ada satu buah LCD untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Baru-baru ini fasilitas sekolah semakin membaik sehingga di tambahkan satu buah speaker untuk membantu kegiatan belajar.


    Nama : Nashrulloh Rafif
    Kelas : X4
    No : 38

    ReplyDelete
  50. setelah bel dibunyikan aku pun langsung memasuki kelasku,yang berada di lantai 3 yang berbentuk persegi dengan warna hijau keputihan dan terdapat 20 meja 40 kursi, keadaan kelasku sangat kondusif walau sering terdengar suara motor,terlihat pula gedung gedung tinggi dan terdengar pula suara burung-burung berkicau,kelasku terkenal juga kelas yang bersih rapi dan indah.
    MUHAMMAD JODI FITRIAWAN / X5 / 35

    ReplyDelete
  51. Aku adalah siswi dari salah satu sekolah swasta di Surakarta. Nama resmi sekolahku adalah SMA Al-islam 1 Surakarta. Atau kami sering menyebutnya SMALSA atau ALASKA. Aku adalah anggota tetap dari kelas X-1, yang sesungguhnya memliliki logo Cla’x’Ones di depan pintunya.
    Jika seorang menanyakan bagaimana aku menggambarkan kelasku, maka aku akan menjawab bahwa kelasku adalah kelas yang paling gelap di antara kelas yang lain. Tanpa adanya lampu, kelasku akan nampak begitu gelap seperti jika kau menutup matamu dan membenturkannya di dinding.
    Kelasku memiliki sebuah proyektor sebagai pembantu pembelajaran. Juga memiliki dua papan tulis yang terletak di depan kelas dan di belakang kelas. Meski, papan tulis di belakang kelas tak pernah terpakai, namun papan tulis itu tak pernah diangkat dari tempatnya. Sangat mengherankan.
    Di atas papan tulis, terdapat dua buah foto. Sebuah foto presiden SBY, dan sebuah lagi foto Wakil Presiden. Keduanya, mengapit sebuah gambar Garuda dengan Pancasila di bawah ekornya. Meski, tak dapat membacanya dari bawah, tapi sepertinya itu memang Pancasila.
    Jika matamu berkeliling melihat-lihat keadaan kelasku, kau akan menemukan bahwa kelasku amat sangat kotor, meski setiap harinya para petugas piket telah melakukan pekerjaannya. Selalu ada sebuah kaus kaki tanpa pemilik di belakang kelas yang amat mengganggu pandanganku. Meskipun begitu, daripada menyingkirkan atau merawatnya, aku lebih suka untuk berdiam diri atau berpura-pura untuk tak melihat benda laknat itu di sana.
    Kelasku terdiri dari 40 murid yang didominasi oleh siswi putri yang berjumlah 24 orang, sementara siswa laki-laki hanya berjumlah 16 orang. Setiap paginya, kau dapat melihat barisan kepala-kepala tanpa kerudung, duduk di dua baris terdepan pada setiap barisan meja. Dan meskipun setiap siswi- siswi berkerudung itu telah memprotes ketidakadilan tersebut, semuanya tetap sia-sia. Dan jika boleh aku sarankan, jangan pernah pergi ke kelasku setelah istirahat. Karna bagaimanapun kau menutup hidungmu, bau-bau keringat itu akan tetap menusuk saluran pernapasanmu dan merusaknya secara perlahan.
    Dan begitulah, bagaimana aku menjabarkan kelas kecilku tersayang. Meskipun setiap harinya terasa begitu pengap hingga membutuhkan AC, kelasku yang kecil itu tetap ‘cukup’ menyenangkan untuk ditinggali.
    [salsabila x.1/21]

    ReplyDelete
  52. pak, tugasnya di komen di sini?? (anak X4) :D

    ReplyDelete
  53. Anonim…
    Di saat apel halal bi halal terdengar riuh pembicaraan teman-teman bahwa kelas x.1 akan pindah kelas. Aku juga mendengar pengumuman di akhir apel dari kesiswaan semua kelas akan pindah. Kulihat dari bawah jelas terlihat kelas x.1 yang baru terdapat di pojok lantai tiga. Kulewati satu demi satu anak tangga untuk sampai di kelas x.1. tepat berada di depan pintu terlihat tulisan yang indah yang bertuliskan cla’x’ones. Aku pun memasuki ruangan itu, terhirup udara dari dalam kelas, terasa kurang sehat. Ku lihat sekeliling kelas, letak tata ruang kelas meja dan kursi menghadap ke timur, meja dan kursi guru berada di pojok, semua terlihat rapi dan teratur dan juga LCD dan dua kipas angin yang tergantung diatap, melengkapi dekorasi ruangan. Terlihat dinding-dinding yang warnanya sudah sedikit kusam tetapi banyak tertempel gambar-gambar yang indah sehingga menjadi dinding-dinding itu lebih menarik. juga Kulihat kebawah lantai yang terbuat dari keramik yang putih. Lalu kududuki salah satu kursi dibawah kipas angin, anginya yang berhembus membuat suasana yang kurasakan menjadi lebih nyaman. Tepat didepan mataku terpampang papan tulis yang putih dan diatas papan tulis itu terdapat dua speaker kelas. Dan tepat diatas speaker itu terdapat pula foto garuda yang diapit dua foto presiden dan wakil presiden. Itulah kelas x.1 yang aku tempati sekarang.
    Ulfa Munadiya/ x.1/ 23

    ReplyDelete
  54. Di saat apel halal bi halal terdengar riuh pembicaraan teman-teman bahwa kelas x.1 akan pindah kelas. Aku juga mendengar pengumuman di akhir apel dari kesiswaan semua kelas akan pindah. Kulihat dari bawah jelas terlihat kelas x.1 yang baru terdapat di pojok lantai tiga. Kulewati satu demi satu anak tangga untuk sampai di kelas x.1. tepat berada di depan pintu terlihat tulisan yang indah yang bertuliskan cla’x’ones. Aku pun memasuki ruangan itu, terhirup udara dari dalam kelas, terasa kurang sehat. Ku lihat sekeliling kelas, letak tata ruang kelas meja dan kursi menghadap ke timur, meja dan kursi guru berada di pojok, semua terlihat rapi dan teratur dan juga LCD dan dua kipas angin yang tergantung diatap, melengkapi dekorasi ruangan. Terlihat dinding-dinding yang warnanya sudah sedikit kusam tetapi banyak tertempel gambar-gambar yang indah sehingga menjadi dinding-dinding itu lebih menarik. juga Kulihat kebawah lantai yang terbuat dari keramik yang putih. Lalu kududuki salah satu kursi dibawah kipas angin, anginya yang berhembus membuat suasana yang kurasakan menjadi lebih nyaman. Tepat didepan mataku terpampang papan tulis yang putih dan diatas papan tulis itu terdapat dua speaker kelas. Dan tepat diatas speaker itu terdapat pula foto garuda yang diapit dua foto presiden dan wakil presiden. Itulah kelas x.1 yang aku tempati sekarang.
    Ulfa Munadiya/ x.1/ 23

    ReplyDelete
  55. Masih teringat dipikirku, ketika aku berlibur ke Pantai Nusakambangan bersama ayahku. Pantai yang begitu indah dengan bebatuan besar. Ombak yang selalu datang menerjang batuan besar itu serta pasir putih disana menambah keindahanmu. Aku rindu kembali ke pantai indah yang belum tersentuh tangan-tangan manusia jahil.

    Nadhifah A.T./X5/14

    ReplyDelete
  56. sore itu, aku duduk termenung diberanda lantai 2 asramaku.Kunikmati suasana sore yang tengah mendung, sambil melepas penat setelah seharian sekolah.Tak lama kemudian, mendung yang kelabu itu akhirnya menumpahkan air hujannya juga. Membasahi rerumputan yang telah lama mengering karena kemarau. Kulihat juga orang-orang yang sedang berlarian mencari tempat untuk berteduh. Tapi, saat kulihat keatas, burung-burung masih tetap beterbangan, tak menghiraukan hujan.Hembusan angin membuat air hujan itu mengarah padaku, membasahi tempat ku duduk. yang membuatku harus beranjak pergi dari situ.
    Rista N.H/X.5/18

    ReplyDelete
  57. Satu tempat yang selalu kutuju ketika tiba di rumah adalah dapur. Dapur sederhana bercat kuning itu terletak di sebelah barat rumahku. Tampak disana lemari dapur yang terpajang di dinding, di atas meja dapur dengan warna yang senada. Lemari pendingin berwarna hijau tua yang diletakkan berdekatan dengan meja dapur juga meja makan kaca berbentuk lingkaran dikelilingi empat buah kursi makan. Lemari kaca tempat menyimpan peralatan makan tertata rapi di sudut ruangan di samping pintu tua yang menghubungkan antara dapur kotor dan dapur bersih. Suasana di dapur hampir selalu ramai, terutama ketika Ibuku mengajak aku dan saudaraku untuk memasak bersama.
    Clarissa Fauzany P / X-5 / 07

    ReplyDelete
  58. anonim
    ketika pertama kali aku masuk kelas x5 aku terkejut dengan keberadaan seekor tokek yang menempel besar di bawah meja guru.suasana itu memecahkan keheningan kelas.bentuk kelas yang persegi panjang membuat kelas ini terlihat lebih luas.meja guru di depan dan meja kursi siswa tertata urut menghadap ke papan tulis yang putih.Warna tembok yana hijau membuat inspirasi dan semangat baru.kicauan burung nan merdu semakin mengisi kelas ini.Ada 6 lampu yang menerangi kami dalam belajar.1 jam dinding terpasang di sudut utara.Diatas papan tulis ada speaker yang di atasnya ada gambar burung garuda diantara foto presiden dan wakil presiden.Tepat di langit-langit tengah ada 1 kipas angin yang menyejukkan kami.Didekatnya ada 1 buah LCD yang menjadi salah satu media belajar kami.Di kelas ini seringkali mencium bau masakan yang harum yang membuat kamisemakin lapar.Suasana di kelas ini terkadan tenang, dan juga ramai,riuh, jika tidak ada gurunya.
    FROM :FAJAR FITRIANINGSIH/X5/08

    ReplyDelete
  59. ketika aku pertama kali masuk kelas x5 kesan pertamaku bahwa kelas ini bersih dan besar.saat masuk pertama kami dihebohkan dengan seekor tokek besar di bawah meja guru.Bentuk kelas persegi panjang ini membuat kelas ini terlihat semakin luas.Meja guru di depan dan meja siswa tertata rapi menghadap ke utara.Kelasku yang berwarna hijau membuat sejuk di hati hal itu ditambah dengan suara nyanyian burung nan merdu.Di depan pandangan kami ada 1 jam dinding di sudut,1 speaker, 1 LCD dan foto presiden dan wakilnya yang di tengah-tengahnya ada gambar burung garuda.Suasana kelas ini terkadang ramai, dan terkadang tenang. Seringkali kami mencium aroma masakan yang harum yang membuat kami lapar.
    FAJAR FITRIANINGSIG/X5/8

    ReplyDelete
  60. Saat pertama kali aku pergi mengunjungi daerah Tawangmangu. Aku merasakan udara yang begitu sejuk dengan pemandangan yang begitu indah menyambutku ketika aku sampai disana. Saat itu aku menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Saat aku tiba disana,aku harus menuruni tangga yang lumayan cukup banyak jumlahnya untuk sampai ditempat itu. Selama perjalanan aku merasakan angin sejuk yang tidak henti-hentinya membelai wajahku. Disana aku melihat banyak pepohonan dan monyet-monyet yang bergelantungan diranting-rantingnya. Dan setelah aku hampir sampai disana, aku mendengar gemericik suara tetesan air yang begitu menyejukkan dengan percikan air yang terurai menjadi warna pelangi yang begitu indah.

    Izza A.R./X5/14

    ReplyDelete
  61. Aku berada di kelas X1. Kelas yang berada tepatnya di lantai 3 bagian paling utara. Begitu memasuki kelas, tampak kelasku yang berbentuk persegi dengan cat hijau pudar menghiasinya. Kelas dimana aku bersama teman-teman melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar bersama. Dalam kelasku terdapat 20 meja beserta 40 kursi ditambah 1 meja dan 1 kursi guru yang terletak di depan kelas. Juga papan tulis putih di depan kelas yang senantiasa menemani kegiatan belajar kami untuk satu tahun ke depan. Suasana dalam kelasku sedikit panas meski terdapat 2 kipas angin didalamnya. Namun bagaimanapun aku cukup nyaman berada di X1. Fatma Marthunus / X1 / 5

    ReplyDelete
  62. aku berjalan keluar dari pintu kamarku,aku memandang luas jagad raya ini,terkejut dalam benakku.melihat kerlip bintang yang indah disana bersama dengan bulan. hawa dingin menusuk poriku, bersama jangkrik kuditemani.sesekali kulihat sekelilingku yang nampak begitu sunyi dan damai.
    NAMA: AHIDHA ARISTI.S.
    NOM : 02
    KLAS: X.5

    ReplyDelete
  63. di SMA Al Islam 1 Surakarta aku berjalan menuju lantai 3 untuk pergi ke kelas X-5. Sesampainya di depan kelas yang berpintu biru itu aku masuk kedalamnya. Di dalamnya sudah tertata rapi meja dan kursi yang berhiaskan warna coklat. Papan tulis yang terlihat bersih dan baru menghiasi dinding bagian depan kelas. Dia atasnya terdapat foto Presiden dan Wakil presiden RI dan Lambang Indonesia, Garuda. Tembok yang berwana hijau keputih putihan menjadi warna dasar kelas ini. Inilah kelas yang kuimpikan.." International Class X-5"
    Shofianabila R/X-5/20

    ReplyDelete
  64. aku berjalan memasuki kelas yang berpintu biru dan bertuliskan " International Class X-5" kumasuki ruangan yang akan menjadi rumah keduaku kelak. di nsaat masuk terlihat 40 meja dan kursi yang tertata rapi dan berhiaskan warna coklat. di depan terlihat papan tulis putih dan ersih yang diatasnya berhiaskan foto Presiden dan Wakil Presiden RI dan lambang negara, Garuda. Lantainya yang bersih membuat kelas ini terlihat nyaman. temboknya yang berwarna hijau keputih putihan menghiasi kelas yang akan menjadi rumah keduaku esok..inilah kelasku X-5
    Shofianabila R/X-5/20

    ReplyDelete
  65. Saat pertama aku masuk dan duduk di bangku SMA, aku sungguh terpesona dan senang melihatnya. Ketika aku memasuki kelasku yang berbentuk bujur sangkar atau kubus itu, mempunyai warnanya kuning keputih putihan dan ada jendela yang berbentuk persegi ber jejer jejer dengan warna hijau. Di dalam kelas itu terdapat 40 kursi, ada 20 kursi, dan di tambah 1 meja dan kursi untuk guru, saat aku duduk memandang ke sudut depan terpampanglah papan tulis, gambar-gambar yang bermacam-macam dan ada pula 2 seseorang yang berjasa untuk bangsa ini yaitu pak presiden dan wakilnya. Kelasku yang berada di lantai 3 tepatnya di pojok timur utara. Suasana di kelas sungguh menyenang kan karena bisa memandang luas isi sekolah dari atas. Dan kelas itu itu juga terletak di pojok koridor sekolah suasananya panas tapi karena aku mempunyai teman teman yang solid dan seru tentunya aku tetap senang dan semangat

    ReplyDelete
  66. Saat pertama aku memasuki bangku SMA, aku sungguh terpesona dan senang sekali melihatnya. Kelasku yang berbentuk bujur sangkar atau kubus itu mempunyai warna ruangan kuning keputih putihan dan ada jendela yang berwarna hijau berbentuk persegi yang berjejer jejer. di dalam sana terdapat 40 kursi, ada 20 kursi, dan di tambah 1 meja dan kursi untuk guru, saat aku duduk menghapat ke kepan terpampang papan tulis, gambar-gambar yang banyak macamnya . Kelasku terletak di lantai 3 tepatnya di pojok timur utara. Disana sangat menyenangkan karena kita bisa memandang luas halaman sekolah dari atas . Walaupun begitu kelasku terasa panas jika siang melanda,tetapi aku akan tetap bersemangat untuk belajar dan bersekolah karena aku mempunyai teman teman yang mengasikkan

    ReplyDelete
  67. Saat pertama aku memasuki bangku SMA, aku sungguh terpesona dan senang sekali melihatnya. Kelasku yang berbentuk bujur sangkar atau kubus itu mempunyai warna ruangan kuning keputih putihan dan ada jendela yang berwarna hijau berbentuk persegi yang berjejer jejer. di dalam sana terdapat 40 kursi, ada 20 kursi, dan di tambah 1 meja dan kursi untuk guru, saat aku duduk menghapat ke kepan terpampang papan tulis, gambar-gambar yang banyak macamnya . Kelasku terletak di lantai 3 tepatnya di pojok timur utara. Disana sangat menyenangkan karena kita bisa memandang luas halaman sekolah dari atas . Walaupun begitu kelasku terasa panas jika siang melanda,tetapi aku akan tetap bersemangat untuk belajar dan bersekolah karena aku mempunyai teman teman yang mengasikkan

    Adra asladhia
    X.I

    ReplyDelete
  68. Saat pertama aku memasuki bangku SMA, aku sungguh terpesona dan senang sekali melihatnya. Kelasku yang berbentuk bujur sangkar atau kubus itu mempunyai warna ruangan kuning keputih putihan dan ada jendela yang berwarna hijau berbentuk persegi yang berjejer jejer. di dalam sana terdapat 40 kursi, ada 20 kursi, dan di tambah 1 meja dan kursi untuk guru, saat aku duduk menghapat ke kepan terpampang papan tulis, gambar-gambar yang banyak macamnya . Kelasku terletak di lantai 3 tepatnya di pojok timur utara. Disana sangat menyenangkan karena kita bisa memandang luas halaman sekolah dari atas . Walaupun begitu kelasku terasa panas jika siang melanda,tetapi aku akan tetap bersemangat untuk belajar dan bersekolah karena aku mempunyai teman teman yang mengasikkan

    ADRA ASLADHIA
    X.I

    ReplyDelete
  69. Aku berjalan menuju lantai 3 menuju ruang kelas X-5. sesampainya di depan kelas yang berpintukan biru dan bertuliskan "International Class X-5". aku masuk kedalamnya dan terlihat meja kursi yang tertata rapi dan berhiaskan warna coklat. Papan tulis putih yang bersih menghiasi dinding depan kelas. Diatasnya terdapat foto Presiden dan Wakil Presiden RI dan tak lupa lambang Indonesia, Burung Garuda. Kelas yang bertembok warna hijau keputih putihan akan menjadi rumah keduaku kelak..
    Shofianabila R/X-5/20

    ReplyDelete
  70. Kiniku mulai mencari ilmu di SMA AL Islam 1 surakarta. Dan saya memasuki kelas X.1, kelas yang terletak di lantai 3 tepatnya dekat tangga di pojok timur utara.Kelas yang berwarna hijau dan putih kusam.Kelas dimana selalu berbahagia selalu, bersama teman yang baru. Kelas itu menjadi panas, lembab, kotor, dan ramai. Semua guru mengeluh pada kami, karna kami selalu membuat gaduh dan tidak menghargai guru saat KBM.Walaupun begitu, aku tetap belajar disana.
    Nauroh Nazifah
    X1-18

    ReplyDelete
  71. Sangat senang hatiku bisa masuk di kelas X-4. Suasana kelas yang bermacam-macam membuat pelaksanaan belajar mengajar tidak terlalu membosankan. Walaupun suasana kelas yang cukup panas, sedikit kurang bersih tetapi tidak sedikitpun anak-anak terganggu. Sesekali terdengar suara jendela yang menutup sendiri. Sering kali anak-anak pada mengeluh karena kelas yang cukup panas yang membuat keringat selalu membasahi badan. Kipas angin yang sangat pelanpun tidak cukup untuk mengurangi panas tersebut. Tetapi aku senang berada di kelas X-4, karena tempatnya yang strategis mudah dijangkau, karena bersebelahan dekat tangga.

    (ALVIN DA/X-4/26)

    ReplyDelete
  72. Ketika aku masuk di SMA Al-islam surakarta, aku dapat kelas x-5. ketika aku masuk pertama kali dikelas x-5, kelasnya terlihat besar,bentuknya persegi panjang, dindingnya berwarna hijau,lantainya pun juga bersih.Saat aku melangkah ke tengah kelas terasa sejuk karena tiupan angin dari kipas angin. Kemudian aku melihat kearah depan, disana terpampang papan tulis putih. kemudian saat berlangsungnya pelajaran tercium bau yang khas dari arah kantin, mungkin karena kelasku dekat dengan kantin. NADIA NUR R./X-5/15

    ReplyDelete
  73. galuh ady saputra X5 / 29
    aku sangat bersyukur dapat di terima di sma al islam 1 ska , aku duduk di kelas X5 kelas yg sangat kondunsif , kelas yg berbentuk persegi panjang itu , sangat indah di tambah warna tembok hijau keputihan , yg sangat menarik di pandang mata ,di kelas itu aku sangat senang , muridnya pintar2 dan murah senyum , di tmbah wali kelasnya yg murah senyum , terlihat foto presiden dan wakil presiden yg tertampang di atas papan tulis , begitu juga jam , papan tulis . suasananya panas tapi bisa hilang krna canda tawa yg mengasikkan ,aku haram di kelas 11 , aku punya teman sebaik dan seramah anak X5

    ReplyDelete
  74. Anonim.Dia mengangkat tangan dan melambai penuh semanat kepada kami, dan kebun buah pun terlupakan, kami menuruti panggilannya. Karena kami tau itu pasti Gadis Pendongeng, gerakkan riang serta anggun itu menampakan ajakkan yang tak mungkin ditolak atau diabaikan. Saat ia berjalan mendekat, kami menatapnya dengan penuh penasaran sampai-sampai kami lupa untuk lalu tegap. Wajah putih dan agak panjang persis keliarga KING. Rambut ikal coklat gelap berkilauan, diikat diatas setip telinga dengan pita merah tua berbentuk mawar. Matanya coklat muda cermelang berbentuk almond, tapi menurut kami dia tidak cantik.
    lalu ia menyapa "Selamat Pagi". Tak pernah kudengar suara seperti itu. Aku tak bisa menggambarkannya. Bisa dibilang suaranya jernih, manis, suaranya bergetar dan menjangkau hingga jauh dan semerdu lonceng. Semua itu benar, tapi tak cukup untuk menggambarkan kualitas istimewa yang membuar suara Gadis Pendongeng demikian. Jika suara itu warna, suaranya pasti seperti pelangi. Lalu ia berakata "Kalian Sarah dan Luna kan?". Suara itu membuat kami hidup, seakan dunia terasa damai, tentram dan indah. Ia menjabat tangan kami dengan sangat bersahabat.
    ADE IRA R. PUTRI/X.5/01

    ReplyDelete
  75. saya sangat besyukur bisa di terima di sma al islam 1 ska , aku di tempatkan di kelas X5 , kelas yg begitu indah , kelas yg temboknya terlihat berwarna hijau keputihan , berbentuk persegi panjang , meja2 dan kursi2 tertata rapi , ada papan tulis , ada speaker aktif , ada LCD , di tambah ada foto presiden dan walit presiden yg terpampang di atas papan tulis , suasananya panas tapi bisa hilang kareana canda tawa aku dan teman2 , anak2 X5 pintar2, baik , dan ramah2 , aku sangat senang bisa duduk di kelas X5 .
    Adittya wahyu kurnia putra
    X5/25

    ReplyDelete
  76. Anonim.Dengan semangat, aku memakai seragam baruku. Aku lalu menyisir rambutku yang tebal. Sambil melihat cermin, aku tersenyum. Aku kelihtan manis bangat hari ini, walau pun badanku sepertinya semakin tidak proposional. Dengan perasaan was-was, aku berjalan ke arah timabangan di sudut kamarku. Deg-degan! Aku melangkahkan satu kakiku ke atas timbangan. Jarumnya pun mulai bergerak kekanan. Mengerikan! Sambil menguatkan hati, aku menaikan kakiku yang satu lagi. Dan ku lihat perlahan angka yang di tunjukan oleh jarum itu.....65!!!! pekan lalu masih 62!! Kenapa bisa naik secepat ini?!! Padahal dlam sepekan ini aku Cuma makan empat kali sehari. Terus jajan es krim wall’s selection yang biasanya dua hari sekali jadi cumatiga hari sekali. Makan makan coklat silverqueen juga udah aku kurangi. Yang biasanya dua sampai tiga batang perhari, sekarang Cuma satu. Jadi aku sering di panggil cewek gendut deh sama temen-temenku.
    IMANDA WANARSARI/X.5/10

    ReplyDelete
  77. Anonim.
    Dia mengangkat tangan dan melambai penuh semanat kepada kami, dan kebun buah pun terlupakan, kami menuruti panggilannya. Karena kami tau itu pasti Gadis Pendongeng, gerakkan riang serta anggun itu menampakan ajakkan yang tak mungkin ditolak atau diabaikan. Saat ia berjalan mendekat, kami menatapnya dengan penuh penasaran sampai-sampai kami lupa untuk lalu tegap. Wajah putih dan agak panjang persis keliarga KING. Rambut ikal coklat gelap berkilauan, diikat diatas setip telinga dengan pita merah tua berbentuk mawar. Matanya coklat muda cermelang berbentuk almond, tapi menurut kami dia tidak cantik.
    lalu ia menyapa "Selamat Pagi". Tak pernah kudengar suara seperti itu. Aku tak bisa menggambarkannya. Bisa dibilang suaranya jernih, manis, suaranya bergetar dan menjangkau hingga jauh dan semerdu lonceng. Semua itu benar, tapi tak cukup untuk menggambarkan kualitas istimewa yang membuar suara Gadis Pendongeng demikian. Jika suara itu warna, suaranya pasti seperti pelangi. Lalu ia berakata "Kalian Sarah dan Luna kan?". Suara itu membuat kami hidup, seakan dunia terasa damai, tentram dan indah. Ia menjabat tangan kami dengan sangat bersahabat.
    ADE IRA R. PUTRI/X.5/01

    ReplyDelete
  78. Thanks ya dari artikelnya,,
    Saya dulu saat masuk di SMA AL-ISLAM 1 SKA. Saya langsung bingung dimana kelas saya. Ternyata saya ada di kelas X.1 yang kelasnya ada di lantai 3. Tempatnya itu pojok sendiri dekat tangga dan depannya ada Ruang Lab. Komputer. Setelah saya masuk ternyata kelas saya besar yang berbentu balok. Di depan kelas ada papan tulis, di atasnya ada speaker untuk pengumumman dan ada foto Presiden dan Wakil Presiden. Dan isinya ada 41 kursi, dan 21 meja yang salah satunya termasuk kursi dan meja Guru. Dan di samping kelas ada bantyak jendela tapi sayang tidak bisa di buka. Dan ada 2 kipas angin, dan ada proyektor yang sering digunakan oleh Guru. Walau ada 2 kipas angin kelas terasa panas sekali dan pengap. Dan yang penting saya bisa memperhatikan dan bisa mengtikuti pelajaran yang telah di ajarkan oleh Guru.

    ReplyDelete
  79. Anonim.
    Dengan semangat, aku memakai seragam baruku. Aku lalu menyisir rambutku yang tebal. Sambil melihat cermin, aku tersenyum. Aku kelihtan manis bangat hari ini, walau pun badanku sepertinya semakin tidak proposional. Dengan perasaan was-was, aku berjalan ke arah timabangan di sudut kamarku. Deg-degan! Aku melangkahkan satu kakiku ke atas timbangan. Jarumnya pun mulai bergerak kekanan. Mengerikan! Sambil menguatkan hati, aku menaikan kakiku yang satu lagi. Dan ku lihat perlahan angka yang di tunjukan oleh jarum itu.....65!!!! pekan lalu masih 62!! Kenapa bisa naik secepat ini?!! Padahal dlam sepekan ini aku Cuma makan empat kali sehari. Terus jajan es krim wall’s selection yang biasanya dua hari sekali jadi cumatiga hari sekali. Makan makan coklat silverqueen juga udah aku kurangi. Yang biasanya dua sampai tiga batang perhari, sekarang Cuma satu. Jadi aku sering di panggil cewek gendut deh sama temen-temenku.
    IMANDA WANARSARI/X.5/10

    ReplyDelete
  80. Saat aku berpindah kelas dari kelas x1 yang dulu ke x1 yang sekarang . Aku sungguh kecewa karena kelas ku yang dulu imut , indah , dan cerah menjadi berpindah dikelas yang unik . Gelap, horor, banyak butiran-butiran kertas dan bungkus makanan ringan yang berceceran, papan tulis yang kotor, dan keunikan lainnya ketika sudah jam 12 siang seketika kelas yg terlihat selalu mendung bertambah menjadi semakin panas, dan mulai terdengar suara-suara eluhan dan keambisian untuk segera pulang . tapi walaupun kelas ku seperti itu aku tetap nyaman berada disana karena aku mempunyai teman-teman yang baik dan membuatku menjadi semangat belajar

    Noor Isnaini A .
    X1 / 19 ^^

    ReplyDelete
  81. tett tett
    bel sekolah pun berbunyi. Aku langsung menuju kelas ku di lantai 3 yang sangat luas tetapi bau ruangan yang sangat pengap dan kotor sekali. Dikelasku terdapat 2 buah kipas angin tetapi kelasku masih saja pengap. Dikelasku terdapat meja yang berjumlah 20 dan kursi berjumlah 40. Guru guru sering sekali memberi kritik tenteng X.1. Walaupun terus di kritik aku dan teman2 terus menciba untuk merubahnya. Sekian dari saya FAUZIYYAH LUTFI A.W/X1/06

    ReplyDelete
  82. tak terasa waktu berjalan begitu cepat, sekarang saya sudah kelas 1 SMA, di sma alislam 1 surakarta, kelasku ini berbentuk balok,yang berfasilitaskan beragam alat maupun benda,di kelasku terdapat papan tulis putih yang selalu digunakan guru untuk mendidikku,di kelasku juga terdapat meja dan kursi yang tertata rapi ,ada juga fasilitas lainya,dan saya sangat senang saat berkumpul dengan sahabat-sahabat saya,itu semua saya syukuri,bagaimapun keadaanya.
    lina khusnun khairiyah /X.1 /13

    ReplyDelete
  83. Muh. Rizqy Syaerozie,,

    Dulu saat saya masuk di SMA AL ISLAM 1 SKA saya masih belum tahu saya ada dikelas sepuluh( x) berapa,, kemudian ada kakak kelas memberi tahu bahwa saya ada dikelas di X.1 yang berada dilantai 3 paling pojok sendiri dekat Lab. Komputer dan dekat tangga. Dan setelah saya tahu kelas saya dan kemudian saya masuk ternyata ruangannya besar berbentuk balok. Di depan kelas ada papan tulis dan ada foto Presiden, Wakil Presiden, dan gambar Garuda Pancasila.Dan ada 21 meja termasuk dengan meja guru, dan 41 kursi dan itu sudah termasuk kursi guru juga. Dan ada 2 kipas angin yang membuat hawa di kelas menjadi sejuk. Tapi masih saja saya rasakan tempatnya panas dan sumuk, dan jendela yang ada di samping kiri kelas tidak bisa dibuka mungkin itu termasuk penyebab kelasnya sumuk. dan ada proyektor juga yang dimana itu sering di gunkan oleh Guru untuk mengajar. dan hampir lupa kelasnya itu bersih dan karena keadaan itu tidak membuat saya tidak bisa mengikuti pelajaran

    ReplyDelete
  84. Aku bangga bisa diterima di SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA, karena SMA tersebut merupakan salah satu SMA favorit di Solo.Alhamdulillah kelasku adalah kelas X.1. Dulu kelas X.1 terletak di lantai 2 di pojok dekat tangga sebelah utara. Namun sekarang kelas X.1 pindah di lantai 3, tepatnya di pojok utara, timur laboratorium komputer. Aku sangat nyaman belajar di kelas tersebut. Walaupun suasananya agak sedikit panas, namun tidak mempengaruhi semangat belajarku. Kelasku berbentuk kubus. Warna dinding nya yang berwarna putih kusam , semakin memperindah kelasku. Di kelasku ada banyak meja dan kursi, kurang lebih jumlahnya ada 20 meja dan 40 kursi, ditambah dengan 1 meja guru dan kursi guru.Di kelasku juga terdapat sebuah papan tulis dan terdapat sebuah LCD dan speaker aktif. Diatasnya terdapat gambar burung garuda yang diapit oleh gambar Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden.

    ZULFA AHMAD
    X.1 ( CLA 'X' ONE )
    40

    ReplyDelete
  85. Telah tiba di lapangan kemah,baru satu langkah dari bis,aku dan kelompokku kami harus berlari-lari dengan memakai seragam serba lengkap yaitu hasduk,baret,sepatu serba hitam.Aku mengangkut tas yang berisi snack,pasak yang telah berkarat,3 tali kepang berwarna putih mengkilap,satu celana jins berwarna hitam,dan sandal bergambar upin ipin berwarna orange.Keringatku telah terkucur dari dahi sampai menetes ke bawah.Sesampainya di pinggir lapangan yang dekat dengan banyak pohon yang daun warna hijaunya menyejukkan hati,disini kami mulai membuat tenda yang terdapat merk segitiga biru,walaupun tenda kami telah telah usang.
    M.Nafiuddin Fadly/X5/36

    ReplyDelete
  86. Setelah saya di terima di SMA Al-islam 1 surakarta, saya di kelompokkan di kelompok 5. Ketika pertama memasuki ruang x-5 terlihat sekeliling ruangan berwarna hijau. Kulihat ruangannya berbentuk persegi panjang, mirip dengan kamar yang kita miliki,tetapi lebih besar, mungkin 4 kali dari kamarku, di dalamnya, terlihat sebanyak 20 meja dan 40 bangku yang tersusun rapi, serta satu meja guru yang berada di sudut kanan depan dari meja siswa. Lantainya sudah keraik, berwarna putih. Di depan meja para siswa terdapat papan tulis berwarna putih dan seperangkat LCD. Ketika peljaran keadaannya tenang, nyaman, dan bersahabat. Terlihat di langit - langit terdapat sebuah kipas angin yang menghembuskan angin dan terasa sejuk ketika menepa tubuh

    Farid ulil a./x-5/28

    ReplyDelete
  87. Saya tengah merebahkan diri di kursi belakang ditemani secangkir kopi hangat yang masih berasap.Kulihat langit terang benderang malam ini, bintang bersinar terang,angin berhembus tidak terlalu kencang.Sambil sesekali kuminum kopi selagi masih hangat,rasa hangat dan manis membuat badan ini lebih hangat,suara tokek yang nyaring membuat suasana menjadi asyik,setelah cukup lama merasakan angin malam, tiba-tiba hujan turun, dan akupun harus beranjak menuju kamar q untuk istirahat dan bersemangat menghadapi tantangan di hari esok.
    IMAM FADLI M/X5/30

    ReplyDelete
  88. Saat aku kelelahan, kucing itu akan menyambutku dengan suara khasnya. Bulunya yang hitam dan panjang membuat kulitku yang bersentuhan dengan bulu halusnya menjadi hangat. Matanya kuning dan hidungnya pesek. Aku sangat suka bermain dengannya.Apalagi memainkan ekornya yang sangat panjang dan berwarna hitam legam.
    Khairunnisa_X-5_13

    ReplyDelete
  89. anonim
    terimakasih atas artikel yang bapak berikan.
    setelah saya diterima di SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA
    ,saya di kelompokkan ke dalam kelas x 1
    Ketika aku masuk kelas baruku, aku sungguh terpesona melihatnya. Kelasku yang berbentuk kotak, warnanya hijau keputih putihan dengan ada jendela yang berwarna hijau. Isi kelasnya ada 40 kursi, ada 20 meja, dan di tambah 1 meja dan kursi untuk guru yang tertata rapi, ada papan tulis, gambar pancasila, dan lain-lain. Kelasku terletak di lantai 3 tepatnya di pojok timur utara. Suasana di kelas sungguh sangat panas karena terletak di pojok . Namun walaupun kelasku panas, aku akan terus bersemangat untuk melaksanakan amanat belajar.
    Hasan Achmad Almuchtari
    X1
    31

    ReplyDelete
  90. Ketika aku masuk di SMA Al-Islam 1 Surakarta, aku di tempatkan di X-5. Tepatnya di lantai 2,kelas ke 2 dari kamar mandi. Bentuk kelasnya persegi panjang, seperti kelas-kelas yang lain, warnanya hijau kusam, id beberapa sudut tembok terdapat hiasan2 yan cukup menarik. Di situ terdapat 20 meja untuk 40 siswa yang berada di kelas X-5. Suasananya si kelas itu sangat tenang dan tertib. Di Kelas itu lumayan panas, karena hanya mempunyai satu kipas angin, tapi kita sangat menikmati itu.
    Atika V. X-5 / 05

    ReplyDelete
  91. Alhamdulillah saya masuk di SMA yang sejak kecil saya ingin masuki, yaitu SMA Al-Islam 1 Surakarta, tepatnya di kelas X-5. Dulu, X-5 berada di ruangan dekat tangga, namun sakarang sudah dipindah ke ruang yang dulunya dipakai X-6. Setelah masuk e X-5 yang baru, terasa asri ruangan ini, berwarna hijau dengan pancaran cahaya dari luar jendela. Makin asri saat terpaan angin dari 1 kipas angin yang semilir dingin karna hujan sore kemarin berhembus, namun jangkauan kipas angin kelas ini hanya sedikit. Bila siang hari tiba, tepatnya dzuhur, bau kaos kaki anak laki-laki kadang teramat terasa. Sorot matahari yang menguat di tengah hari membuat udara menjadi panas, hawa yang sering membuat kita mengantuk sehingga ruang kelas pun terasa hening daripada jam-jam sebelumnya. Dan pada akhir jam, do'a pun yang memecah sunyi kelas.

    FARIHAH 09/ X-5

    ReplyDelete
  92. Anonim
    ketika saya masuk di SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA , lalu saya menempati kelas X.1 . dulu X.1 berada di lantai 1 tetapi karena ada pemindahan kelas X.1 di pindahkan di lantai 2 tepat di pojok kiri . mmmm.... suasana kelas saya itu sedikit mengerikan ya , ada dua kipas angin , ada banyak jendela tetapi kalau berada di dalamnya masih saja terasa begitu gerah dan cahaya yang masuk itu kurang. Tetapi , saya merasa nyaman berada dikelas X.1 teman-teman nya itu sangat ramah dan solidaritasnya itu tinggi :D
    Mawar U.N 14/X.1

    ReplyDelete
  93. sore sore aku duduk di depan rumah,ku lihat sesuatu yang aneh,bergelantungan di pohon.warnanya hijau kekuning-kuningan.bentuknya bulat dan besarnya segengaman orang dewasa.dalam hati aku ingin mengambilnya.aku pun beranjak dari tempat ddudukku dan memetik buah jambu yang sudah matang itu untuk ku makan.
    VERLITA C.A/22/X-5

    ReplyDelete
  94. Aku sangat senang mendapatkan kelas X.1. bentuknya kotak persegi dan terlihat sangat luas. dengan dihiasi warna hijau muda. didepan tempat duduk murid, terdapat sebuah papan tulis besar berwarna putih. dan dibelakang kelas terdapat papan pengumuman yang berisi pengumuman - pengumuman. juga terdapat 2 buah kipas angin di kelasku. letaknya sangat strategis, yaitu tepat disamping tangga menuju lantai 2 dan 1. didepam kelasku terdapat Lab Komputer, dan disamping Lab Komputer terdapat tempat duduk yang biasa kami gunakan ketika istirahat. suasana di kelasku sangat riuh. kadang-kadang semua murid sibuk berbincang-bincang atau malah ramai sendiri ketika guru sedang menerangkan.
    Hanifah.M / X.1/ 11

    ReplyDelete
  95. Anonim
    aku sangat senang sekaligis bangga bisa masuk di SMA AL ISLAM 1 Surakarta.
    dan aku ternyata mendapatkan kelas X.1,aku cukup senang bisa menempati kelas tersebut.
    kelas yang berbentuk persegi, cat warna hijau. kelasku juga mempunyai beberapa jendela yang berwarna hijau dan 1 pintu. kelasku memiliki 1 buah papan tulis.
    kelasku juga di lengkapi dengan 2 kipas angin.
    kelasku memiliki 40 buah kursi dan 20 meja.
    kelasku memiliki 1 buah LCD dan 1 buah speaker.
    dan tepatnya di belakang terdapat papan pengumuman,dan tepatnya lagi di atas papan tulis terdapat foto Bapak Presiden Indonesia serta wakil, dan ditengahnya terdapat burung garuda.
    walaupun kata orang orang kelasku cukup horor aku tetap menikmati suasana di kelas X.1.
    Alta Indah K./x.1/02

    ReplyDelete
  96. Saat aku diterima di sma al-islam 1 surakarta,aku sangat senang.Dan aku di tempatkan di kelas x.1.letak ruang kelas x.1 sangatlah strategis yaitu di pojok lantai 3. Jika ingin ke sana,lewat tangga yang berada di depan tu yaitu ruangan pertama dari lantai 3.Ruang kelasku sangat luas dengan bentuk persegi dan warnanya hijau muda.Di dalam kelas terdapat 1 buah lcd dan 2 buah kipas angin.Di bagian belakab terdapat papan yang biasanya digenakan untuk papan pengumuman.Di depan tempat duduk murid terdapat tempat guru dan papn tulis yang lebar.Teman-teman di kelasku pun juga sangat menyenangkan.Tapi tidak tahu kenapa saat ini aku mersa tak nyaman dengan kelasku.Karna di sana sangat panas dan juga pengap.Dan saat pelajaran di mulai masih terdengar banyak anak yang ramai dan gaduh sendiri,sehingga aku sulit untuk memperhatikan guru.Dan kelas ku oun terlihat sangat kotor karna jarang di bersihan dan juga masih banyak anak yang buang sampah sembarangan.Walaupun demikian,aku akan berusaha supaya bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan nyaman,walau dengan keadaan kelas yg kurang memungkunkan.
    Nur luthfia D.A X.1/20

    ReplyDelete
  97. aku merupakan murid dari SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA alhamdulillah aku menjadi murid dikelas x.1. Kelasku itu berada dilantai tiga, tepatnya yang paling pojok didekat tangga, disitu terdapat kursi yang berjumlah 40 buah, dan meja yang berjumlah 20, disana juga terdapat sebuah papan tulis sama penghapusnya, yang diatasnya terdapat 1
    foto burung garuda yang diapit 2 buah foto presiden beserta wakilnya. Dikelasku juga ada sebuah sapu dan sebuah tempat sampah yang berada didepan kelasku, dikelasku tepatnya dibagian belakang juga ada sebuah papan pengumuman yang berfungsi untuk menempelkan informasi. Disana terdapat sebuah pintu dan ada juga beberapa jendela, dan 2 kipas angin beserta LCD dan speakernya.
    Aulia Rahmah/x.1/03

    ReplyDelete
  98. Saat saya masuk SMA Al-ISLAM 1 SKA saya ditetapkan duduk di kelas X.I. Awal mulanya kelas X.I terletak di lantai dua namun dipindah di lantai tiga pojok pintunya bertuliskan Clas'one' yang berwarna biru jika dibandingkan dengan kelas kelas sepuluh yg lainnya memang kls X.I lah paling gelap dan pengap , karena tdk terlalu banyak fentilasi udara di dalamnya sampai sampai kemaren beberapa jendela di kls X.I dijebol dengan tujuan agar sirkulasi udara dapar masuk keruangan dengan baik. Akan tetapi walau begitu ruangan kls X.I masih terasa pengap dam gelap di siang hari. Di dalam kelas terdapat 40 bangku dan ditambah satu bangku untuk guru, kemudian jg terdapat berbagai macam hiasan di kelas. Di kls X.I ini jg terkenal dengan anak anaknya yang ramai namun walau begitu saya juga tetap demnagan belajar karena bergabung dgn teman teman yang baik dan asik deaddan kelas di X.I


    Muthi'ah Al Istiqomah
    X.I

    ReplyDelete
  99. Masih teringat dibenakku pertama kali aku memasuki kelas ini, kelas x-5. Kelas yang berada di lantai tiga, ruang ke dua dari selatan. Kelas yang didominasi warna hijau muda dan banyak terpasang jendela disebelah kanan dan kiri. Terkadang terdengar suara bising kendaraan yang hendak melewati jalan disamping kelasku. Terkadang pula, dari 2 lubang atas hinggap burung kecil yang kadang-kadang masuk kekelasku ini. Dalam kegerahan, ada 1 kipas angin yang sedikit membantu mengeringkan keringat, ada 6 lampu yang membantu dalam melihat. Kelasku yang mungil, aku senang menempati kelas ini.Nadya Nur Hanifah16/x5

    ReplyDelete
  100. Rumah kedua ku , ruang kelas x-4 . Kelas yang bertempat di samping tangga dan di samping ruang kelas x-5 . Ruang x-4 berbentuk kotak , seperti ruang-ruang yang lainnya . Kelas x-4 luas dan lumayan nyaman untuk ditempati . Suasana dikelasku lumayan ramai , karena kita semua sering bercanda bersama . Tapi , dikelas x-4 agak panas , karena hanya memiliki 1 kipas angin . Di dinding juga tertempel Struktur Kelas dan Jadwal Piket . Tapi kadang kami juga agak tidak nyaman karena kelasnya agak sedikit kotor . Tapi itu tidak akan menjadi masalah lagi , karena di x-4 sudah ada Jadwal Piket . Kelasku yang kucinta , aku senang menempati kelas x-4 .
    Nurul Putih S.A /x-4/ 16

    ReplyDelete
  101. Kariemah sungkar6 November 2012 18:27

    KELAS x-4 terletak di samping tangga lantai 3,berbentuk persegi panjang,berdinding hijau muda,tetapi karena sudah tidak terawat lagi warnanya yang tadinya berwarna hijau muda sekarang menjadi hijau kusam,dan penuh dengan coretan,isinya 1 papan tulis di depan kelas,1 kipas angin di dinding atap,1 sound di atas papan tuis danlain lain,di meja banyak coretan tip-x juga tapi aku teteap senang bisa menjadi keluarga x-4...
    Putri Karimah/x-4/17

    ReplyDelete
  102. pertama kali datang ke kelas x-5 ,saya langsung menatap pintu kelas yang terbuat dari kayu berwarna biru, dengan keseluruhan ruang kelas yang berbentuk persegi panjang dan berwarna hijau keputih-putihan.ruangannya pun sangat luas dengan duapuluh meja dan 20 pasang kursi ditambah dengan satu meja dan kursi guru.letak kelasnya pun sangat strategis karena dekat dengan "kamar mandi"........hawanya sangat sejuk dan suasana kelas yang cukup kondusif.

    -willy A T.
    -39
    -x5

    ReplyDelete
  103. Pertamakali aku masuk sekolah aku mendapat kan kelas X1.masih teringat saat ku pertama masuk di kelas X1.kelasku terlihat sangat indah tembok temboknya berwarna putih kekusaman dan waktu pertama kali aku masuk ke kelas ku suasananya begitu menyegarkan dan terasa sejuk karena ada 2 kipas angin didalam kelas ku.tapi lama kelamaan ke;as ku terlihat mnyeramkan apalagi di bagian pojok belakang dejat papan pengumuman.terlihat dan terasakan begitu menyeramkan dan hawa dikelas ku menjadi panas dan lembab dan untuk belajar suasananya terasa tidak kondusif dan nyaman da terdengar suara kendaraan karena kelas ku berada disamnping jalan.
    hari demi hari ku lalui di kelas ku dan pada saat ada kejadian teman ku kemasukan sesosok mahkluk tidak di kenal suasana kelas ku menjadi tambah menyeram kan dan terasa tambah panas dari hari ke hari akibat tak da ventilasi yg terbuka atau perasaan yg lain dan sampai sekarang kelas ku masih terasa panas dan pengap

    radhistya ireka X1/37


    [**HAPPINNESS**]

    pak dibiji yg bagus ya ..:):)

    ReplyDelete
  104. Sebuah kelas di salah satu sekolah yang nyaris populer diseluruh penjuru dunia , SMA ALISLAM 1 SURAKARTA. Berada di lantai 3 tepat disamping tangga. Sepetak pintu terbuat dari kayu yang hampir rapuh dan disitu tertera tulisan ''X4-Exoutic''. Kelas kesayanganku ini berbentuk petak yang kokoh dengan bangunan tuanya yang khas. Tembok dengan warna cat hijau yang kusam menghiasinya. Enam lampu berderet rapi menempel di langit-langit ruang. Satu buah papan tulis berdiri menantang tepat di depan dua puluh meja dan empat puluh kursi yang berjajar dengan rapi didalamnya. Suasana yang tenang juga diiringi dengan suara satu buah kipas. Ya , kelas ini adalah kelas kebanggaanku. Kelas kumuh beranggotakan empat puluh siswa kece. Namun sekarang angka empat puluh menjadi tiga puluh sembilan karena salah satu dari kami harus pergi meninggalkan kami lebih dulu.
    Lina Tria
    X4 , 11 , Smaliska.

    ReplyDelete
  105. Kelas X.1 berada di pojok utara lantai 3 di SMA Al Islam 1 Surakarta. Ruang kelasnya gelap dan panas walaupun sudah ada 2 kipas angin. Sebenarnya disana banyak jendela tetapi cahaya dan angin terhalang masuk karena tertutup dengan dinding.
    Di sebelah kanan pintu ada whiteboard yang kotor dan menghadap ke utara. Didalam kelas X.1 juga terdapat 20 meja dan 40 kursi siswa dan 1 meja dan 1 kursi untuk guru. Laki-laki duduk di depan dan perempuan duduk dibelakang menghadap ke selatan. Di belakang kelas ada papan pengumuman yang isinya terdapat banyak pengumuman tentang ekstrakurikuler. Terdapat juga LCD Projector untuk kegiatan mengajar guru.
    Ruang kelas X.1 itu kotor. Di laci meja ada banyak sampah yaitu plastik, kertas, dll. Dinding-dinding kelas berwarna hijau muda tetapi warnanya sudah kusam, selain itu juga banyak cat yang sudah terkelupas karena catnya sudah lama.


    ZULFA MUTHIA ANGGANA
    X.1 / 24

    ReplyDelete
  106. Saya sekolah di SMA Al Islam 1 Surakarta. Saya mendapatkan kelas X.1. Ruang kelasku letaknya paling pojok. Suasananya begitu menyeramkan, sunyi dan gelap. Tempatnya pengap dan kotor. Hanya sedikit angin yang masuk. Kelasku palig rame, tapi juga paling kompak. Setiap pelajaran selalu rame. Hal itu membuat kelas semakin panas layaknya neraka. Kelas yang kotor dan pengap membuat kami tidak nyaman untuk belajar.kelas kami pernah dipindah. Dari lantai dua menuju lantai tiga. Kelas kami yang dulu dilantai dua, suasananya juga sama dengan kelas kami yang sekarang. Letaknya juga pojok, panas, pengap, dan kotor. Walaupun begitu, kami harus menerimanya. Kami sudah pernah minta untuk pindah kelas, tapi tidak digubris oleh yang bersangkutan. Sebenarnya kami sudah tidak tahan dengan kelas yang panas dan pengap. Karena itu mengganggu kosentrasi belajar kami. Kelas kami sudah dipasang dua kipas angin namu tetap saja panas. Tidak mengurangi hawa panas yang ada di kelas kami. Kami selalu gerah jika didalam kelas. Kami selalu berkeringat waktu didalam kelas, karena hawa panas yang menusuk kulit kami. Rasanya seperti terbakar, kulit kami seperti akan terkelupas. Tidak hanya kami yang dapat merasakan hawa panas, tapi guru-guru yang masuk ke kelas kami pun juga merasakan hawa panas yang begitu dasyat menyengat kulit.
    Nama : Moch. Ilham Munawar
    No. Absen : 33
    Kelas : X.1

    ReplyDelete
  107. Saya sekolah di SMA Al Islam 1 Surakarta. Waktu pembagian kelas, saya mendapatkan kelas X.1. Awalnya saya senang. Namun lama kelamaan saya tudak tahan dengan kondisi kelas yang panas dan pengap. Karena kelasku terletak paling pojok, terlihat menyeramkan. Sangat sunyi dan gelap. Kelas kami diberi nama ‘claxones’ namun dibalik nama itu, keadaan kelas kami sungguh ironis. Pasalnya udaranya panas, pengap, kotor, dan gelap.kami selalu merasa gerah jika berada didalam kelas. Panasnya tidak main-main. Panasnya sungguh menyengat kulit.

    Nama : Farid Akbar
    No. Absen : 29
    Kelas : X.1

    ReplyDelete
  108. SMA Al Islam 1 surakarta. Itulah nama sekolah tempatku bernaung menuntut ilmu. Dulu kukira akan tidak menyenangkan jika sekolah disana entah hal apa yang menyebabkan aku berfikir demikian. Tetapi setelah aku pikir-pikir sebaiknya aku jalani dulu saja untuk menuntut ilmu disana.

    Cla'x'one. itulah nama sebutan untuk kelas X-1. Mungkin akan terdengar asing ditelinga siswa siswi SMA Al-Islam. tapi menurutku kelas ini yang paling seru walaupun guru-guru di SMAku menganggap kelas ini yan paling gaduh, mungkin itu konspirasi mereka untuk menghancurkan keseruan kami. Ruangan kelasku sangatlah umum dan monoton seperti kelas kelas di berbagai sekolah di Indonesia yaitu balok sebenarnya kalau di ukur itu bukan kubus apalagi persegi, salah besar. Dibagian depan atas terdapat tiga figura foto. Di bagian tengah terdapat lambang garuda beserta teks pancasila yang sukar untuk dihafalkan para pelajar di seluruh penjuru indonesia saat ini, disebelah kiri dan kanan pancasila terpampang foto presiden dan wakil presiden indonesia yang selalu tersenyum tak kenal lelah. Selain itu fasilitas kelas juga sangat membantu proses KBM dan proses Bersenang senang kami yaitu LCD proyektor jika ada guru yang menggunakan akan di bukakan video untuk pembelajaran, power point untuk memberikan point point penting dalam suatu materi, dan artikel artikel lain yang tentunya bermanfaat. jika kami yang menggunakan pastilah untuk memutar film. Kemudian ada sound sytem agar ketika guru memutarkan video kami dapat mendengar suaranya dengan jelas dan begitu pula ketika kami memutar film atau memutar musik. kipas angin dengan suaranya yang khas juga menemani suasana proses belajar mengajar kami. Itulah keunggulan kelas X-1. disamping itu adapula kekurangan dikelas kami. yang pertama, kelas kami itu lembab dan panas mungkin inilah suasana tropis indonesia yang sesungguhnya. yang kedua, jendela kelas kami hanya ada di sebelah kiri itupun hanya bisa dibuka sedikit. sebenarnya dikanan juga ada jendela tetapi tidak sebanyak yang dikiri biasanya digunakan murid murid kelas lain untuk mengintip kelas kami, mungkin mereka ingin memandangiku. menurutku itu penyebab kelasku menjadi lembab dan panas. kaca jendela yang mungkin dulunya bening itu diwarnai dengan cat hijau, aku tidak tahu serta merta mengapa di catwarna hijau tetapi menurutku cat itu hanya menghalangi pandangan saja. kekurangan yang ketiga kelasku dikenal sebagai kelas yang angker, aku kurang paham apa penyebabnya yang jelas itu mengganggu proses belajar mengajar kami. oh iya, dinding kelasku sangat khas dengan warna cat yang sudah kusam disertai coretan coretan tinta dari tangan penghuni kelasku ini terdahulu. dinding tersebut bisa disebut sebuah kerusakan atau sebuah maha karya bagi seorang seniman. Setahuku hanya itu kekurangan mungkin juga itu sebuah realita atau kutukan yang ada kelas kami. Penghuni kelas X-1 berjumlah empat puluh orang dengan karakter yang berbeda beda. Hampir semua guru pernah marah dikelasku dengan alasan kegaduhan kami. hanya guru bahasa jawa dan seni budaya yang belum pernah marah. Karena semangat kami dalam menuntut ilmu menjadikan kami kemarahan guru sebagai penyemangat dan memotifasi kami untuk berubah. Hal itulah yang membuat aku kian lama menjadi betah bersekolah di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Walaupun kelas X-1 itu terlihat remeh dimata guru tetapi menurutku kelas inilah yang paling berpotensi. Sosialisasi didalamnyapun terjalin dengan baik.
    Zaini Hilmi / X-1 / 39
    (HAPPINESS EVERYBODY)

    ReplyDelete
  109. kelas X.1,berada di lantai 3 gedung paling timur,tepatnya di bagian pojok utara,dekat dengan tangga,dan bersandingan dengan kelas X.2.Dikelas X.1,kelasnya sangat panas dan gelap,kelas itu panas dan gelap karena kurangnya ventilasi,sebab,di kelas itu,terletak di pojok,dan dindingnya yang banyak kacanya,yang menambah hawa panas di kelas itu,padahal sudah ada 2 kipas angin super yang sangat bagus,tapi tidak mempan untuk menaklukkan hawa panas di kelas itu.
    Kelas itu,dulunya sangat tenang dan kondusif,tetapi lama-kelamaan,rasa ketenangan dan kekondusifan itu seakan-akan berkurang sejak terjadinya suatu peristiwa,bahkan sampai sekarang ini,dulu awalnya,kelas itu hawanya juga tidak panas seperti sekarang ini,tapi entah kenapa kelas itu sekarang menjadi panas dan lembab.
    Di kelas itu,laki-laki duduk di bangku sebelah depan dan perempuannya yang duduk di bangku belakang,kelas itu ada 21 meja dan 41 kursi,murid-muridnya pun ramah-ramah dan beragam,ada yang suka bikin gaduh dan ada juga yang pendiam.
    di kelas itu terdapat 1 papan tulis putih,1 papan informasi yangterletak di bagian pojok belakang kelas,ada juga 1 proyektor yang sangat membantu KBM.Ruang kelasnya itu kayanya perlu di renovasi agar hawa panasnya hilang,dan catnya pun banyak yang sudah mengelupas.Kelas itu mempunyai wali kelas yang super baik hati,mananya MISS LULUK MARJANNAH.

    AHMAD LUTHFIE K X.1/26

    ReplyDelete
  110. saat ini aku duduk di kelas X-4, tampak di depan ku papan tulis putih yang mulai hilang tanda putihnya. disampingnya banyak tempelan - tempelan kertas. diatas kelas ada kipas yang kecil dan usang yang kadang - kadang mati sehingga membuat sesusana kelasku menjadi tambah panas letak kelas ku ada di samping tangga pas.

    MUH.PAMUNGKAS ADI SURYA X.4/36

    ReplyDelete
  111. Anonim
    Suasana riuh anak-anak x1 memecahkan keheningan disaat pelajaran sedang dimulai. Pagi itu burung berkicau indah. Matahari bersinar menusuk melalui celah-celah jendela kelas kami. Pagi itu kami terlihat begitu sangat gembira. Dengan modal tempat belajar sebuah ruangan terpencil diantara beberapa ruangan lainnya, meski tempatnya di ujung namun tidak membuat kegembiraan kami luntur,melainkan itu menjadi penyemangat tersendiri untuk kami. Ruangan berukuran sedang dengan bertatakan rapi meja dan kursi tempat kami duduk dan mencatat pelajaran-pelajaran dari guru.dengan beberapa ventilasi tanpa jendela, memang sungguh panas rasanya,namun dengan adanya dua buah kipas angin yang dipasang diatap kelas kami sedikit mendinginkan suasana kelas kami ketika KBM sedang berlangsung. Dengan modal niat dan ikhlas dari hati,kegiatan kami setiap hari menimba ilmu dengan tujuan semua itu untuk bekal kami esok nanti. Disisi depan terpasang papan tulis putih,tempat guru biasanya mengalunkan tangan-tangannya untuk mengajari kami,supaya kami mengerti dan faham.serta di bagian depan terdapat meja guru yang menjulang ukurannya lebih tinggi dari meja-meja kami,ya tentunya hal itu bermaksud supaya guru bisa mengontrol kami dengan baik disaat pelajaran berlangsung. Di sisi belakang terpasang papan tulis hitam yang fungsinya sebagai papan informasi. Meskipun temapat belajar kami kurang mendukung, namun suasana kelas kami sangat mendukung.dengan siswa-siswi yang patuh dan menerima apa adanya.inilah sekilas gambaran tentang kelas kami x1.semua itu tidak pernah kami jadikan alasan untuk menyerah. Karena kami tahu kesuksesan bukan di dasarkan dari mana tempat atau bagaimana tempat kami belajar.melainkan dari hati dan ketulusan.
    GISTA MAHARDIKA X1/09

    ReplyDelete
  112. Aku adalah salah satu siswi dari SMA AL-ISLAM 1 Surakarta. Aku masih duduk di kelas X. tepatnya X1. Ya kelas yang letaknya paling ujung tanpa jendela dan hanya berpasangkan ventilasi. Namun itu tak menyurutkan niat belajarku. Dengan tatanan meja kursi yang rapih di dalamnya. Dan papan tulis terpasang di depannya.di atasnya terdapat sebuah jam dinding dan 3 buah foto presiden dan wakil presiden dan satu foto lagi adalah foto lambang Negara yaitu burung garuda. Terkadang kami merasa gerah dengan ruangan kami yang pojok dan tanpa ventilasi itu.meskipun sudah terpasang dua kipas angin di langit-langit kelas namun hal itu tidak merubah suasana kelas kami yang memang panas. Namun sebisa mungkin kami menerima karena dengan solidaritas yang tinggi dan kekompakan bersama,kepenatan yang sangat mengganggu akan hilang dengan sendirinya dan tanpa terasa.ya begitulah suasana kelas kami,yang menurutku adalah kelas yang nyaman dan tentram.

    GESTI MAHARDIKA X1/08

    ReplyDelete
  113. sekarang saya sekolah di sma al islam 1 surakarta dan saya menduduki kelas x.1 . kelas x1 berada dilantai 2 tp sekarang sudah pindah . di depan pintu kelas x1 tertempel tulisan "claxones" nama itu adalah singkatan dari nama kelas x1 . di atas meja kelas x1 terdapat vas bunga yang bisa dianggap tidak teurus . haha
    di pojok kanan kelas x1 adalah kelas yang paling gelap dikarenakan kelasnya berada di pojokan . itulah keadaan kelas x1 , to menurut saya kelas x1 adalah kelas yang paling nyaman

    cholifah andriyani .
    x1 / 4

    ReplyDelete
  114. FikaPalupi/x4/05
    MENULIS DESKRIPSI

    Dalam kehidupanku sehari-hari, hampir sebagian kegiatan aku isi di sekolahku tercinta SMA Al Islam 1 Surakarta. Begitupun dihari jum’at saat sekolah ku libur, tak jarang akupun harus masuk sekolah untuk melanjutkan kegiatan ku seperti ekstrakulikuler, tugas sekolah, kerja kelompok, maupun tambahan lainnya. Apalagi hari biasa, aku habiskan didalam kelasku yang penuh dengan cerita ini. Kelasku yang biasa disebut x-4, di samping tangga lantai tiga SMA Al Islam 1Surakarta. Kelasku tercinta ini berukuran sedeharhana ini telah menggoreskan berbagai cerita, walaupun baru beberapa bulan saja aku bergabung bersama kelas ini. Canda tawa, susah dan senang dalam belajar di kelas kami lewati bersama. Satu-satunya kipas angin yang terdapat ditengah-tengah atap kelas kami yang berputar setiap waktu. Namun tetap saja tak menghilangkan rasa kegerahan yang melanda kami. Jendela yang menempel pada dinding-dinding kelas, menjadi harapan kami untuk angina berhembus masuk kekelas kami. Papan tulis putih dengan tinta spidol yang panjang bearada di samping pintu kelas dan papan yang berbentuk seperti panggung yang kayunya sudah mulai rapuh. Disebelahnya terdapat meja dan kursi guru yang menurutku panjang kakinya. Didepan kursi guru berjejer empat puluh buah kursi dan meja yang berwarna coklat tua pohon dan mulai nampak kusam karna sudah lama usianya tempat kami menuntut ilmu. Untuk mendukung belajar kami terdapat LCD yang kadang entah mati dan hidup. Serta disekeliling kelas terdapat tembok tempat kami bersandar tentang pelajaran kami. Kendaraan yang mondar-mandir di luar sana kadang mengganggu konsentrasi kami dalam menerima pelajaran. Didepan ruang kelasku terdapat kursi permanent yang terbuat dari bata dan semen, yang seringkali kami gunakan untuk beristirahat dari suntuknya pelajarn, sambil memandang matahari yg tenggelan jika sore hari. Disebelah kiri kelas kami ada tetangga kelas kami x-5 . kami sangat senang mempunyai kelas yang indah ini walaupun diantara kami jarang membersihkan kelas ini.

    ReplyDelete
  115. semenjak kelas x1 berpindah dari yang lantai 2 ke lantai 3 , aku merasa kecewa . karena kelas x1 yang dulu indah , unyu, imut dan cerah berpindah menjadi x1 yang gelap, mendung, dan panas . tetapi banyak keunikan yang terdapat di kelas x1 yang dulunya adalah x2 . keunikan tersebut adalah selain kelas ku gelap dan mendung kelas ku juga banyak butiranbutiran debu, beberapa kertas , dan bungkus makanan yang berceceran disana . disana ada 3 kursi yang kosong dan suka berpindah pindah sendiri jika ada murid yang ingin menempati nya . lalu keunikan lainnya terjadi ketika jam 12 siang , suasana kelas yg terlihat selalu gelap menjadi semakin panas dan mulai terdengar suara-suara keluhan dan keambisian sebagian murid untuk segera pulang .
    tp walaupun kelas ku seperti itu , aku cukup nyaman berada disana karena murid2 x1 mempunyai kesolidaritasan dan kekompakan yang cukup tinggi .

    Noor Isnaini A
    x1 / 19

    ReplyDelete
  116. Pagi hari yang cerah aku bergegas untuk berangkat ke sekolah. Setelah sampai di sekolah, bel masuk pun berbunyi, lalu aku memasuki kelasku yang tepatnya di X-1. Yaa kelas yang berada dilantai 3, di pojok sendiri itu kelasku. Kelasku terdiri dari 40 siswa. Suasana dikelasku terlihat berbeda . Ruang yang gelap, dan terlihat agak kotor serta sangat gerah itu suasana di kelasku. Tapi walaupun begitu aku senang dengan teman-teman X-1. kompak, seru, solid, baik pokoknya. Walaupun kelasku terlihat berbeda, tapi aku nyaman berada di X-1.

    MEYLA CHUSNA
    15/X1

    ReplyDelete
  117. X-1, itu kelasku. Ruanganya sumpek, terus kotor, gelap, horor. Tapi suasana kelasku jadi rame, asik karena penghuninya yang kocak dan kompak...

    HANIF VEFTIN N
    10/X1

    ReplyDelete
  118. MUH. YAZID ABDULLOH H.
    X-4 / 33 (Deskripsi Kelas X-4)
    Ketika aku mulai memasuki kelas X-4, kurasakan hawa panas yang menyebar merata. Lalu kulihat seseorang yang sedang mengerjakan tugas, di dalam ruang yang sempit ini yang hanya memiliki satu buah kipas tepat menempel di atas langit-langit. Lalu aku berjalan menuju ke depan kelas dan terdengar sayup-sayup suara yang kecil. Kelas X-4 dikelilingi oleh dinding berwarna hijau muda yang dihiasi dengan lukisan-lukisan yang indah, ketika kuraba dinding itu, kurasakan kehalusannya yang lembut. Barisan meja kursi yang rapih. Akupun duduk di salah satu kursi yang berada di depan. Terdengar detak-detik jam di dinding yang tak jauh dariku, suara kicauan burung-burung terdengan sahut-menyahut dari luar kelas. Terkadang angin alam masuk ke dalam ruangan membawa udara yang sejuk melalui jendela-jendela yang bolong-bolong, tepat di samping meja. Ya, di situlah tempat kami menimba ilmu sebanyak mungkin.

    ReplyDelete
  119. NANDA IHSAN/X-4/37
    Ketika aku masuk ke kelas X-4,menurut pandanganku kelas X-4 merupakan kelas yang termasuk luas.Berukuran kurang lebih 7x14 meter yang dimana di dalamnya terdapat beberapa fasilitas yang memadai,terdapat LCD Proyektor,kipas dan peralatan pendukung belajar yang lainnya.Ada LCD yang terlihat memancarkan cahaya ke tembok hingga menampilkan layar yang bersumber dari laptop,dan ada pula kipas yang membuat kelas X-4 menjadi sejuk dan angin yang terasa sepoi- sepoi .Tetapi semua itu hanyalah khayalan karena dengan jumlah siswa yang banyak dan kipas hanya satu dengan letak kipas di tengah membuat hawa di kelas menjadi panas bukan main,ditambah para penghuni kelas X-4 yang selalu banyak tingkah yang membuat suasananya semakin menjadi panas .Selain itu kelas X-4 juga memiliki tembok yang kasar dan berlubang dengan warna cat hijau kemuda-mudaan dengan segala tempelan yang melekat pada dinding tersebut.Emang sih sedikit kumuh…,akan tetapi untuk penataan kelas X-4 sangatlah mendukung dalam kegiatan belajar mengajar.Karena kulihat bangku-bangku dan meja yang tersusun rapi dan papan tulis yang bersih serta teman-teman yang sangat akrab yang membuat dalam proses belajar mengajar dikelas X-4 menjadi menyenangkan dan kondusif


    ReplyDelete

  120. Senangnya perasaanku ketika aku dapat masuk kelas X-4 yang telaetak dilantai 3 SMA Al Islam 1 Surakarta. Suasana kelas itu tenang dan nyaman. Bentuk ruangan kelas X-4 memang cukup luas dan dindingnya berwarna hijau kusam. Didalam ruangan tersebut, terlihat kipas angin yang berputar untuk mengurangi hawa panas didalamnya. Kelas itu kadang terlihat bersih tapi kadang juga terliahat kotor .nkelas X-4 letaknya sangat strategis, karena disamping tangga yang merupakan akses kelantai 3. Dikelas itu juga banyak jendelanya , sehingga ruangan menjadi sejuk dan nyaman untuk belajar. Gembira rasanya aku bisa duduk dikelas X-4.

    Nama : Mas Muhammad Luqman I. A
    Kelas : X-4
    No Prsnsi : 32

    ReplyDelete
  121. DESKRISI RUANG KELAS X.4
    Setelah menikmati hari libur yang begitu panjang,akhirnya hari sekolah yang aku nantikan tiba juga.Hari ini aku mulai belajar di sekolah baruku yaitu di SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA.Aku mendapatkan kelas x.4 yang berada di selatan tangga menghadap ke arah barat.Pertama aku masuk ke kelas itu,aku sangat bersyukur dan senang dapat masuk ke kelas baru.Di sana terdapat meja dan kursi yang tertata rapi menghadap ke utara dengan papantulis berwarna putih dengan corak hitam kusam dan kotor.Dinding berwarna hijau kusam dengan penuh coretan dan tempelan yang membuatku tidak nyaman belajar.
    Apalagi,dengan mejanya yang tidak rata dan penuh coretan.Selain itu,di sana juga ada dua puluh jendela.Tetapi,dengan banyaknya jendela itu,tidak cukup mengurangi hawa panas di kelas.Tidak lupa dengan pintu tripleknya yang susah ditutup.Semakin siang,semakin gerah yang aku rasakan.Hawa panas mengisi ruang itu menjadikan konsentrasiku berkurang Namun,kelas itu lumayan luas.Kelas itu kotor dan semakin hari tidak tertata rapi seakan-akan kebersihan jarang terlihat di sana .Bahkan,hanya sampah yang berserakan di sana seperti sampagh yang ada di laci dan bagian belakang.Namun,bagaimanapun itu menjadi bagian dari tanggung jawabku.
    MARYULIA T. X.4/12

    ReplyDelete
  122. Shawol Miftakhul7 November 2012 16:40

    Ruang x-4 di lantai 3 tepatnya di sebelah tangga berbentuk persegi,memiliki banyak jendela tetapi di dalam kelasnya masih terasa panas,sejumlah bangku yang berwarna coklat kusam mewarnai tiap jam belajar kami,papan tulis yang putih panjang di depan kelas kami dengan papan injakannya yang tua,dengan kelas yang kotor cat dinding yang kusam serta waktu itu juga pernah kipas anginnya rusak selama beberapa hari sehingga hawanya sangat panas pada saat itu serta kondisi kelas yang tidak terlalu indah.
    ini cerita ku...apa cerita mu
    Miftakhul H.
    x-4/14

    ReplyDelete
  123. Sekolah tercintaku,banyak sekali ruangan di dalamnya,termasuk kelasku,x-4(Exotics-Ex Four Fantastic).aku sering duduk di kursi paling belakang di baris ke lima.Papan tulis putih di depan,walaupun terkadang juga tidak putih sekali,kotor.Hanya ada satu kipas angin itupun pernah rusak.ada juga 1 LCD diatas yang di gantungkan permanen, dan itu juga pernah error,
    Ada lagi,meja dan kursi yang penuh dengan coretan.
    tak hanya itu,tembokpun banyak coretan.
    terkadang juga lantai kotor karena belum di sapu.
    walaupun sedemikian,aku masih nyaman,karena kelasku mempnyai 1 piala dari angkatan sebelumnya,Dan jam dinding yang bagus.
    Qonitatun khafidhoh
    x-4/18

    ReplyDelete
  124. pak ni deskripsi saya
    ruang kelas q di sini aku sangat senag karna kelas yg sangat indah bersih & rapi kelas q yg bagus coba andai kt klsq itu adalah surga itu lebih baik dr jendela diman tempat untuk bertamunay udara yag sejuk meja kursi yg rapi& indah tanpa coretan & lukisan

    ReplyDelete
  125. Saya bersekolah di SMA Al-islam 1 Surakarta
    disana ruangannya banyak sekali,saya bertempat di ruang x-4.
    saya duduk di belakang,lumayan nyaman saya duduk disana karena mejanya yang bolong-bolong,terus sering kali saya tidak kelihatan tulisan yang di terangin guru,terpaksa saya harus maju ke depan agar lebih jelas.
    papan tulisnya putih bersih tetapi kipas anginnya sering rusak dan LCDnya tepapi,sekarang sudah i perbaiki
    walaupun kadang-kadang tetap rusak,lantainya yang kotor selalu mengganggu saya dalam belajar.Alhamdulillah di kelasku peralatannya sangat lengkap.
    Fijri rahmayani
    x-4/06

    ReplyDelete
  126. Saya bangga sekali sekolah di al islam , saya skarang duduk di kelas X-4 tercinta. dari luas, kelas saya tampak sederhana sekali tapi cukup luas. kami dan teman teman beraktifitas di dalam kelas x4 bersama-sama . kelas kami berbentuk persegi panjang , didalam kelas kami terdapat 1 papan tulis ,1 lcd, 3 speaker, 21 meja , 41 tempat duduk, dan masih banyak lagi.Didalam kelas kami sangat panas sekali karena di dalam kelas kami cuman ada 1 kipas angin. Dan meja-meja di kelas kami sangat kotor penuh dengan kotoran tipek dan coretan bolpoint. Kelas kami lumayan bersih , kami senang sekali di kelas x4 karena bermacam-macam orang ada di kelas kami. (ADHITYA RAKA M / 25 / X4)

    ReplyDelete
  127. wah ngeneki nek wong mlarat remuk no. wes ra duwe komp, modem, arep neng warnet ra duwe duit

    ReplyDelete
  128. Linggar M.M.A (29) X-4

    Aku sangat bersyukur bisa melanjutkan sekolahku di SMA AL-Islam 1 Surakarta. Terlebih lagi, aku ditempatkan di kelas X-4. Mungkin bagi orang lain, kelasku tidak ada yang istimewa. Tapi, bagiku dan teman-teman sekelasku kelas X-4 adalah kelas yang paling berkesan. Ruang kelasku berada di lantai 3, lantai paling atas di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Waktu pertama kali aku masuk di sana, terlihat sebuah ruangan yang besar dan bersih, di penuhi pernak pernik yang menambah indahnya ruang kelas x-4. Ditambah lagi, dinding yang berwarna hijau terkesan semakin membuat nyaman ruang kelasku. Di dalamnya, terdapat sebuah papan tulis berbentuk persegi panjang yang putih dan bersih, berada di sebelah Utara kelasku. Di sampingnya, terdapat papan pengumuman tempat menempelkan info-info penting untuk kelasku. Aku dan teman-temanku merasa nyaman untuk belajar, karena begitu terasa sejuk manakala terlihat kipas angin yang berputar-putar di atas meja siswa. Aku pun semakin bangga, karena terlihat ada sebuah piala emas yang bertempat di atas meja guru, di sudut kelas, sebelah utara meja siswa. Aku semakin merasa nyaman berada di kelas X-4. Canda dan tawa bersama teman-teman yang membuat suasana menjadi terlihat akrab, ditambah kondisi kelas yang kondusif. Terbukti dari penataan tempat yang rapi, meja-meja dan kursi yang kokoh teratur dengan baik. Apalagi terdapat hiasan-hiasan berupa gambar seni yang di temple di sudut belakang kelas yang menambah menarik kelasku. Itulah ruang kelasku, tempatku menghabiskan waktu selama di sekolah.

    ReplyDelete
  129. Mufliha santi/X4/15

    Ruang Kelas X-4
    Kelas X-4 berbentuk balok ruangseperti ruang kelas lain. Dindingnya berwarna hijau kusam, dan penuh bekas tempelan. Aku bisa melihat dengan jelas lantainya yang kotor dan banyak sampah. Tidak karuan, dan berantakan. Kelasku terdapat di sebelah tangga dengan tulisan besar di depan pintu yaitu “Exoutics”, dan tepat di persimpangan lorong. Suasana di X-4 benar-benar panas, membuat kenyamanan belajar terganggu. Di dalamnya, terdapat teman-temanku yang dapat aku temui sehari-hari, selalu penuh suara ocehan mereka, dan selalu riuh retiap harinya. Benar-benar seperti pasar, ramai sekali. Di depan kelas terdapat sebuah papan tulis yang selalu penuh coretan. Dan ada 20 kursi yang tertata kurang rapi. Bahkan jendela samping kelas ada yang pecah, mengenaskan. Jika ada orang di persimpangan lorong, suara mereka akan terdengar jelas, bahkan setiap orang yang ke kamar mandi akan terlihat kecuali siswa X-5 dan X-6. Di langit-langit kelasku terdapat 1 kipas angin, tetapi tidak mengurangi hawa ekstrem di kelasku ini.

    ReplyDelete
  130. Mufliha santi/X4/

    Ruang Kelas X-4
    Kelas X-4 berbentuk balok ruangseperti ruang kelas lain. Dindingnya berwarna hijau kusam, dan penuh bekas tempelan. Aku bisa melihat dengan jelas lantainya yang kotor dan banyak sampah. Tidak karuan, dan berantakan. Kelasku terdapat di sebelah tangga dengan tulisan besar di depan pintu yaitu “Exoutics”, dan tepat di persimpangan lorong. Suasana di X-4 benar-benar panas, membuat kenyamanan belajar terganggu. Di dalamnya, terdapat teman-temanku yang dapat aku temui sehari-hari, selalu penuh suara ocehan mereka, dan selalu riuh retiap harinya. Benar-benar seperti pasar, ramai sekali. Di depan kelas terdapat sebuah papan tulis yang selalu penuh coretan. Dan ada 20 kursi yang tertata kurang rapi. Bahkan jendela samping kelas ada yang pecah, mengenaskan. Jika ada orang di persimpangan lorong, suara mereka akan terdengar jelas, bahkan setiap orang yang ke kamar mandi akan terlihat kecuali siswa X-5 dan X-6. Di langit-langit kelasku terdapat 1 kipas angin, tetapi tidak mengurangi hawa ekstrem di kelasku ini.

    ReplyDelete
  131. Amira Azahro/X4/01
    Suara bising, sampah berceceran, maupun bau aneh telah terbiasa dikelas ku. Yah, itulah kelas X4 yang menjadi tempat dimana aku belajar.. Kelas yang berada di sebelah kiri tangga, yang strategis, berada di lantai 3, dan jauh dari pantauan guru. kelas yang bertuliskan EXOUTIC tepat didepan pintu masuk. Kelas yang berwarna hijau pucat dengan coretan-coretannya di dinding. kelas yang memiliki dua papan tulis yang terletak didepan dan dibelakang. Saat melihat kedepan kita dapat melihat foto dua pria tampan berwajah 80-an yang selalu tersenyum indah. Yups, mereka adalah Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden. Selain itu juga terdapat speaker dan LCD yang terpampang diatas yang berguna untuk mempermudah cara pembelajaran kami. Ruangan yang hanya memiliki satu kipas angin, dan akan terasa gerah saat memasuki kawasan X4. Belum lagi beberapa jendela kelas juga pecah dan sudah rusak.. beberapa anak dari kelas kami pun juga ada yang membawa kipas sate yang biasa digunakan pak penjual sate dan ada pula yang membawa kipas souvenir dari pernikahan seseorang untuk minghilangkan hawa gerah yang muncul. Namun adanya sang kipas mungil, tidak membawa pengaruh yang besar bagi kami. Namun kami selalu semangat berada di X4 meski dengan kesederhanaannya.

    ReplyDelete
  132. Kelas-ku,kelas X.4 kelas yang sangat panas, meja dan kursi berjajar rapi, papan tulis menempel di dinding bagian depan, jendela yang kaca-nya pecah berada di tembok bagian kanan dan kiri, lantai kelas yang kotor oleh sampah siswa-siswi, LCD menempel di langit-langit kelas, kipas angin yang tak henti berputar tetapi tak mampu meredam hawa panas di kelas-ku.

    M.ADIB.AFIQ/X.4/31

    ReplyDelete
  133. Ruang X.4 di SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA, kelas X.4. kelas berada di lantai 3 samping tangga timur bagian selatan. Kelas ini berbentuk balok, didalamnya terdapat fasilitas LCD, kipas angin, dan speaker. Ruang kelas ini sangat pengap, panas dan seringkali fasilitas di kelas ini rusak. Dinding kelas yang mungkin tak layak di pandang karena banyak coret-coretan dan jendela yang mungkin sudah banyak yang rusak dan sangat tak layak.Udara didalam sangat panas mungkin karena jendela-jendela yang tidak seharusnya dikatakan jendela.Kipas angin yang mungkin sudah sangat kotor dan membuat udara didalam semakin panas sehingga tidak nyaman untuk belajar. Sangat sulit bagi murid jika udara atau hawa sangat panas untuk paham dengan pelajaran yang sedang di ajarkan. Dikelas X.4 terdapat 2 papan tulis 21 meja dan 41 kursi yang sering kali tidak tertata rapi. Dan ada 1 sapu dan 1 kemoceng yang kadangseringkali hilang.1 Tempat sampah yang berada didepan kelas.
    nama:habiebah (07)
    kelas: x.4

    ReplyDelete
  134. .
    Pertama kali saya masuk gerbang SMA Al-Islam 1 SKA dengan menggenakan seragam osis, saya bergegas naik ke lantai tiga dan memasuki ruang kelas X-4 yang terletak dipinggir tangga. Suasana terasa sepi, dengan ruang kelas yang berbentuk persegi, dengan 41 kursi dan 21 meja tertata rapi diruang kelas, serta meja dan kursi guru yang terletak dipojok didepan kelas. Diruang kelas disamping kanan kiri terdapat barisan jendela-jendela dengan kaca yang sudah tak lengkap, tentu saja banyak kaca yang sudah pecah. Seketika pandanganku teralihkan ke depan kelas, terlihat papan tulis yang sudah tak putih lagi. Diatas papan tulis terdapat jam dinding, foto presiden dan wakilnya setra speaker yang tertata rapi didinding. Dan dibalik pintu tertata rapi beberapa sapu. Ketika hari mulai siang suasana kelas mulai terasa panas. Banyak teman-temanku yang mengubah buku-buku mereka menjadi kipas dengan bertenagakan tangan mereka masing-masing. Karna kondisi kelas yang sangat panas dan hanya terdapat satu kipas angin yang terletak diatas tepat ditengah-tengah kelas, serta angin yang dihasilkan tak terlalu kencang, dan kadang kala kipas dikelasku rusak. Kelasku memang berbeda dari kelas-kelas lainnya, karna LCD dikelasku memang kadang bermasalah, tak seperti kelas-kelas lainnya. Dinding kelasku terdapat banyak tempel-tempelan dengan cat tembok yang sudah kusam. Tapi aku senang berada dikelas X-4, walau kadang terasa panas tapi menyenangkan belajar dikelas X-4 bersama teman-temanku.

    .
    SHINTA AGUSTINA RAHMAWATI
    .
    EXOUTICS
    .
    EX FOUR FANTASTICS
    .
    X-4
    .
    PRESENSI-22
    .
    :)

    ReplyDelete
  135. Saat ku melihat kelas x.4 ini, ku melihat kelas ini cukup luas. Kursi - kursi yang terbuat dari kayu ini berjejer rapi dan dimasukkan dibawah meja. Di langit - langit kelasku ini terdapat 6 lampu yang siap menyinari kelas ini disaat gelap, di langit kelas terdapat LCD projector dan di dekat LCD terdapat sebuah kipas. Di depan meja murid terdapat meja guru, dan di samping meja guru terdapat papan tulis yang digantungkan, di atas papan tulis terdapat speaker dan di bawahnya terdapat papan injak agar setiap orang ( guru maupun murid ) dapat mudah menerangkan pelajaran. Tak lupa juga di samping speaker terdapat foto bapak presiden kita dan wakilnya dan di ampit oleh burung garuda. Di dinding terdapat tempelan kertas - kertas dan sedikit berdebu. Lantainya berpola kotak dan berwarnya putih. Di 2 dinding bagian samping terdapat jendela dan di atasnya terdapat ventilasi udara. Pintu kelas ini berwarna biru keabu - abuan dan terdapat sedikit coretan. Suhu normal kelas ini 30 C. Tetapi karena kipasnya hanya sebuah maka temperatur Kelas ini naik hingga 34 C. Walau begitu tetapi murid - murid kelas x.4 ini tetap belajar dengan serius, walau hawa panas menyertainya.

    Hafizh Bimo w. / x.4 ( 28 )

    ReplyDelete
  136. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  137. Ruang kelasku X-4,letaknya di lantai 3 SMA Al-Islam 1 Surakarta. Aku bersama ke-38 temanku banyak menerima ilmu di kelas yang berbentuk persegi tersebut. Di dalam kelas X-4, terdapat sebuah papan tulis besar yang berwarna putih di bagian depannya. Lalu, di bagian kanan dan kiri kelas tersebut, terdapat beberapa buah jendela. Selain itu, juga tergantung sebuah kipas angin di bagian tengah dan sebuah LCD di bagian kanan atapnya. Temboknya yang berwarna hijau kusam, dipenuhi dengan tempelan-tempelan kertas yang membuat indah penampilan kelasku. Suasana di kelasku juga terasa nyaman untuk belajar.
    Arina Adriani/02

    ReplyDelete
  138. Di ruang kelas X.4 terdapat papan tulis yang berwarna putih. Dikelas juga terdapat kursi dan meja yang di gunakan oleh siswa dan siswi kelas sepulu empat. Dikelas selalu terdengar suara gaduh yang di buat oleh teman-teman . Di atap kelas bagian tengah ada sebuah kipas angin yang berputar. Dibagian belakang kelas terdapat papan tulis hitam kecil yang di gunakan untuk menempelkan pengumuman.

    Mia zulfifresti P N
    X4/13

    ReplyDelete
  139. Kelas X4 terletak di lantai 3 SMA-AL ISLAM SURAKARTA. Aku senang sekali dapat berada di kelas itu. Walaupun kelasku sedikit kotor tetapi aku tetap mencintai kelasku apa adanya. Kelasku ini terletak tepat di samping tangga. Di depan pintu kelasku ada tulisan, “Exoutics” itu merupakan singkatan dari Ex Four Fantastcs yang akan menjadi slogan kelas kami selama 1 tahun ini. Di kelasku ter dapat 20 meja, 40 kursi dan meja guru yang terletak di depan. Kelas yang berbentuk persegi ini tidak seperti kelas lainya, kelasku hanya mempunyai 1 kipas angin saja. Maka dari itu kelasku ini panaas sekali saat siang hari. Kelasku ini terdapat papan tulis yang berada di utara kelas dan LCD Proyektor yang membantu kami menambah wawasan ilmu. Dinding-dinding kelasku yang penuh dengan bekas tempelan selotip dan cat nya yang sudah kusam itu aku tetap mencintai kelasku ini.

    --__~LUTHFI SULAIMAN A~__--
    --_________X4/30_________--

    ReplyDelete
  140. Merupakan kelasku, Dimana letak yang berada di tengah apitan antara ruang kelas X3 dan X5, Tepat di samping kiri sebuah tangga jalur timur bangunan Smalsa. Ketika memasuki kelas X4,Kita akan mendapati barigade mejayang berkumlah 20 pasukan. diikuti dengan 40 biji kursi yang diletakan masing-masing 2 di setiap 1 mejanya ,Beralih menghadap kedepan tepatnya ke arah utara ,Terlihat sebuah papan tulis besar. yanh tertempel pada dinding kelas ini. Kemudian disamping pojok kanan papan tulis tersebut, Ada 1 meja yang berdiri kokoh, seakan sebagai singgasana raja yang berguna untuk tempat duduk sang guru, di saat menerangkan pelajaran . Di saat pelajaran berlangsung, kami seperti biasa sering kali merasakan gerah yang melanda tubuh kami. Dikarenakan di kelas X4 hanya memiliki 1 kipas angin yang ditempatkan di atas kepala salah satu siswa , yang berada di tengah-tengah formasi barisan meja. Tapi hal itu tidak mematahkan semangat kami yang sebagai siswa duduk di kelas X4, Kemudian dibelakang kelas ada vlackboard yang murupakan lokasi dimana kreasi coretan para siswa dan pengumuman-pengumuman dari masing-masing ekskul yang di jajakn dan diminati oleh siswa-siswi murid X4. Aku bersyukur bisa diterima di skolah Smalsa dan di tempatkan berada pada kelas X4 .

    M.Pinasti Putra Perdana Riza
    X4
    34

    ReplyDelete
  141. saya duduk di kelas X4 yang tempatnya di sebelah kiri tangga.kela X4 luas karena bisa menampung 39 murid,di dalam kelas terasa panas karena kipas angin cuman ada 1 dan itu pun kadang-kadang hidup,ada fasilitas lain nya yaitu LCD untuk mepermudah kami untuk belajar,kadang-kadang di dalam kelas terdengar bunyi suara motor,mobil dan ambulance.Dinding di kelasku berwarnaa hijau yang sudah kusam,kebersihan kelas ku juga kurang di jaga.Walau,kelas ku berbeda dengen kelas lain aku tetap bisa belajar bersama teman-teman ku


    SALMA KHADIJAH
    X4
    20

    ReplyDelete
  142. anonim

    Ini adalah waktu pertama kalinya aku akan masuk sekolah setelah libuaran panjang, dan aku akan memasuki kelasku, kelas X-5, yakni dua kelas dari pojok kamar mandi, atau diantara kelas X-4 dan X6. Ketika saya masuk kelas, ternyata ramai sekali. Sayapun bingung, mengapa kok kayaknya sudah saing mengenal ? kok sudah akrab ?. Ternyata hampir 70% siswa yang menempati kelas tersebut adalah alumni SMP AL-ISLAM. Akupun duduk di kursi pojok kiri depan yang banyak debu. Lalu aku membersihkan debu-debu itu dengan tangan kiriku. Dan akupun mengeluarkan buku dan menggambar sesuatu yang ada dipikiranku di atas sebuah meja yang kasar dan banyak corat-coretan. Dan akupun melihat ke arah jam untuk mengetahui sudah jam berapakah pada waktu itu. Dan ternyata jam itu tidak berfungsi karenakan batrainya habis. Lalu tak lama kemudian wali kelaspun datang dan memulai pelajaran pertama dengan saling berta’aruf. Ada murid yang berasal dari Boyolali, Klaten Sukoharjo Sragen dan lain-lain. Lalu wali kelaspun hendak membuatkan struktur organisasi dan menulis struktur tersebut di papan tulis yang kotor dan berdebu. Karena papan tulisnya kotor dan berdebu maka diapun berubah pikiran untuk menuliskan struktur tersebut di laptop yang disambungkan ke proyektor, tapi ketika proyektor tersebut dinyalakan, ternyata tidak bisa nyala, dan terpaksa penyusunan struktur organisasinya diundur petemuan brikutnya. Lalu jam-jam setelah itupun kosong. Suasanapun hening sebentar, dan hanya terdengar suara kendaraan-kendaraan melintas dijalan raya saja. Suasanapun menjadi ramai dan panas. Lalu salah seorang muridpun berjalan dan hendak menyalakan kipas, dan ternyata kipas tersebut tidak berfungsi lagi, sehingga hawa hanya hawa panas yang bisa menyelimuti. Lalu seorang murid ada yang berkata bahwa kipas tersebut sudah rusak. Lalu akupun mulai memperhatikan teman-temanku, ada yang ramai sendiri, ada yang tidur, ada juga yang makan sendiri, ada juga yang berkipas-kipas dan juga ada yang memutar-mutar buku ataupun bolpoin. Inilah kelasku, meskipun keadaannya kurang memadai, akan tetapi ini adalah kelas yang kucintai.

    MOHAMMAD ARIEF DHARMAWAN
    X-5
    32

    ReplyDelete
  143. Kelasku,kelasku menurut para guru rame,panas,kotor,dll.memang benar kelasku itu rame,kotor,dan panas yang bisa membuat gerah amat sangat itu.Tetapi kelasku itu solit,kompak dan selalu tersenyum. Setiap pelajaran pasti ada-ada aja kejadian yang lucu,mengharukan,menegangkan,bahkan menyeramkan.
    Hal yang paling aku suka dari kelasku adalah teman-temanku.saat istirahat sesekali kami mendengarkan lagu-lagu atau melihat video dari salah satu laptop milik temanku.hal yang paling aku tidak suka adalah ketika kelas hening tanpa suara sama sekali,yang terdengar hanya suara guru.


    HANAN.P/X.1/30

    ReplyDelete
  144. Hari pertama aku memaki seragam putih abu-abu dengan bagde SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA terjahit rapi lengan kanan ku.Aku melihat namaku terpajang di daftra kelas X4.Ketika aku masuk kelas tidak ada kesan menarik karena hampir separuh lebih bagian kelas ini adalah teman SMP-ku dulu.Saat aku masuk kelas X4,aku meras kagum karena tidak ada hal yang menarik. kelas yang pas-pasan dengan susana yang biasa-biasa aja dan teman-teman yang sama seperti waktu SMP,dengan meja kayu yang penuh dengan coretan tip-x dan spidol,kutrsi-kursi yang tidak tertata rapi,dan pula lantai yang maish kotor terkena debu dan belum dibersihkan.Dinding tembok yang masih kasar dan kotor yang menambah hiasankelas X4.Membuat kelas kami semakin kumuh untuk dilihat,tetapi di balik ke kumuhan ternyata murid-murid kelas X4 pinter-pinter dan selalu solid.



    RIZKY NIKMATUL.J.
    X4
    19

    ReplyDelete
  145. Merupakan kelasku, dimana letak yang berada di tengah apitan antara ruang kelas X3 dan X5, tepat disamping kiri sebuah tangga jalur timur bangunan SMALSA. Ketika memasuki kelas X4, kita akan mendapati barigade meja yang berjumlah 20 pasukan, diikuti dengan 40 biji kursi, yang diletakkan masing-masing 2 di setiap 1 mejanya. Beralih menghadap ke depan tepat nya ke arah utara, terlihat sebuah papan tulis putih besar, yang tertempel pada dinding kelas ini kemudian, disamping pojok kanan papan tulis tersebut. Ada satu meja yang berdiri kokoh, seakan sebagai singga sana raja yang berguna untuk tempat duduk oleh sang guru, dalam saat menerangkan pelajaran. Di saat pelajaran berlangsung, kami seperti biasa sering kali merasakan gerah yang melanda tubuh kami, dikarenakan di kelas X4 hanya memiliki 1 kipas angin, yang di tempatkan di atas kepala salah satu siswa yang berada di tengah-tengah formasi barisan meja. Tapi, hal itu tidak mematakahkan semangat kami yang sebagai siswa duduk di kelas X4. Kemudian, di belakang kelas ada Blackboard yang merupakan lokasi dimana tempat kreasi coretan para siswa dan pengumuman-pengumuman dari masing-masing ekskul yang dijajakan, dan diminati oleh siswa-siswi murid X4. Aku bersyukur bisa diterima di SMALSA dan di tempatkan berada di kelas X4,

    M.Pinasti Putra Perdana Riza
    X4
    34

    ReplyDelete
  146. X-4 merupakan kelasku, dimana letak yang berada ditengah apitan antara ruang kelas X-3 dan X-5, tepat disamping kiri sebuah tangga jalur timur bangunan SMALSA. Ketika memasuki kelas X-4, kita akan mendapati barigade meja yang berjumlah 20 pasukan, diikuti dengan 40 biji kursi, yang diletakkan masing-masing 2 disetiap 1 mejanya. Beralih menghadap ke depan tepatnya ke arah utara, terlihat sebuah papan tulis putih besar, yang tertempel pada dinding kelas ini. Kemudian, disamping pojok kanan papan tulis tersebut, ada satu meja yang berdiri kokoh, seakan sebagai singga sana raja yang berguna untuk tempat duduk oleh sang guru, dalam saat menerangkan pelajaran. Disaat pelajaran berlangsung, kami seperti biasa sering kali merasakan gerah yang melanda tubuh kami, dikarenakan di kelas X-4 hanya memiliki 1 kipas angin, yang ditempatkan diatas kepala salah satu siswa yang berada ditengah-tengah formasi barisan meja. Tapi, hal itu tidak mematakahkan semangat kami yang sebagai siswa duduk dikelas X-4. Kemudian, dibelakang kelas ada Blackboard yang merupakan lokasi dimana tempat kreasi coretan para siswa dan pengumuman-pengumuman dari masing-masing ekskul yang dijajakan, dan diminati oleh siswa-siswi murid X-4. Aku bersyukur bisa diterima di SMALSA dan ditempatkan berada dikelas X-4,

    M.Pinasti Putra Perdana Riza
    X-4
    34

    ReplyDelete
  147. Nama ku Andini, aku siswa SMA AL-ISLAM 1 Surakarta. Saat ini aku duduk di kelas X-4. Kelasku berbentuk cenderung menyerupai balok dan kelas ku cukup besar dan lumayan luas. Di kelasku ada banyak barang Iventaris, seperti speaker, LCD, gambar garuda, gambar Bapak Presidaen,gambar Bapak Wakil Presiden, meja kursi, sulak, kaligrafi, papan tulis, dan masih banyak lagi. Di kelas X-4 tidak lepas dari kata sunyi artinya, di kelasku selalu ramai tetapi ramai yang masih ada kaitannya dengan pelajaran. Dan aku sangat senang, karena warna temboknya hijau, hijau adalah warna yang aku sukai, tetapi hijau tembok kelasku kusam dan banyak pajangan. Kelasku terletak disebelah kanan kelas X-5 dan sebelah kiri tangga, dan terlatak di lantai teratas, yaitu lantai tiga. Aku dikelas jarang sekali merasakan sedih ataupun tidak semangat, karena teman-temanku selalu memberi keceriaan.


    Triyan Rifa'i
    X-4/23

    ReplyDelete
  148. Ruang kelas X-4
    Aku sangat senang mendapatkan kelas X-4, karena kelas X-4 adalah kelas yang sangat menyenangkan. Anak-anaknya asyik-asyik, walaupun ruangannya tidak terlalu besar, tetapi membuatku begitu nyaman, mejadan kursi yang tertata rapi, dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat kipas angin yang sedang berputar membuat ruangan tidak panas, LCD dan speaker yang terpasang di dinding atas kelas, disebelah kanan kiri kelas ada jendelayang cukup banyak, lantainya yang putih dan bersih, dinding yang bercat hijau muda dan banyak tempelan-tempelan yang menghiasi dinding bagian belakang kelasku. Sungguh menyenangkan belajar di kelas X-4.


    Aulia Rahma
    x-4/03

    ReplyDelete
  149. deskripsi ruang X4
    ruang X4 terletak di sebelah tangga ,ukuranya lumayan luas,jendela nya sangat banyak, meskipun jendelanya sangat banyak tapi hawanya panas sehingga menggangu saat pelajaran sebelumnya kelas x4 pintunya ada 2 tapi setelah ada penggeseran kelas ke selatan ke kelas x5 dengan pintunya hanya 1 dan yang terbuat dari triplek.
    catnya hijau kusam dan terdapat noda
    pada waktu itu kelas X4 pernah juga kipas angin dan lcd nya rusak selama beberapa hari,tapi akhirnya setelah beberapa hari akhirnya diperbaiki oleh salah satu guru

    ReplyDelete
  150. deskripsi ruang X4
    ruang X4 terletak disebelah tangga, warnanya hijau kusam, jendelanya sanggat banyak meskipun jendelanya sangaat banyak tapi hawanya panas sehingga menggangu saat pelajaran

    ReplyDelete
  151. iin kurnia X4 8
    DESKRIPSI RUANG X4
    KELAS X4 TERLETAK DISEBALAH TANNGAA WARNANYA HIJAU KUSAM
    JERNDELANYA SAANGGAT BANYYAK

    ReplyDelete
  152. ruang kelas X4 berada di sebelah kiri tangga ruangannya cukup luas,warnanya hijau kusut karena banyak coretan di dinding ruang X4 juga memilki banyak jendela tapi hawanya tetap saja panas entah karena nerakanya lagi bocor atau mungkin kebanyakan dari kami kebanyakan dosa entahlah hanya yang di atas yang tau, di kelas X4 juga memiliki LCD dan kipas angin tapi tidak jarang juga kedua alat tersebut tidak bisa digunakan
    Muh.Hafidurrahman.A
    X4( 35 )

    ReplyDelete
  153. saya menempati kelas X.1
    berada di lantai 3 pojok dekat tangga
    di kelas X.1 terdapat kipas angin 2 dan ! papan tulis
    juga terdapat speaker dan LCD
    warga X.1 cukup menyenangkan dan asyik tapi gaduhnya tidak tau situasi dan kondisi

    Fitia Adinda Nisaa/ X.1/ 07

    ReplyDelete
  154. Anonim berkata.........
    Tawangmangu merupakan objek wisata yang terletak di kabupaten karanganyar tepatnya di jalan ombang-ambing no. 1o . adi tawangmangu terdapat banyak wahana rekreasi yang sangat menyenangkan seperti: grojogan/air terjun sewu,pemandangan yang sangat indah, kolam renang dan out bond. untuk datang ke sana dapat di temaapuh degan menggunakan bus langsung jaya. di sana tiketnya sangata bervariasi, harga tiket untuk anak-anak Rp 5.000.sedangkan harga tiket untuk orang dewasa Rp 10.000

    ReplyDelete
  155. nonim berkata.........
    Tawangmangu merupakan objek wisata yang terletak di kabupaten karanganyar tepatnya di jalan ombang-ambing no. 1o . adi tawangmangu terdapat banyak wahana rekreasi yang sangat menyenangkan seperti: grojogan/air terjun sewu,pemandangan yang sangat indah, kolam renang dan out bond. untuk datang ke sana dapat di temaapuh degan menggunakan bus langsung jaya. di sana tiketnya sangata bervariasi, harga tiket untuk anak-anak Rp 5.000.sedangkan harga tiket untuk orang dewasa
    Latif ardhi p/ x-5/31

    ReplyDelete
  156. pada tanggal 19-21 oktober tepatnya 1 bulan yang lalu persis solo selection mengikuti ajang batik cup yang di selenggarakan pemkot surakartadi stadion manahan solo pesertanya adalah Persis Solo selection,Persiba Bantul,Timnas U-23,Divisi Utama all star kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenal budaya di indonesia.Pada laga pertama Persiba Bantul melawan Divisi utama all star yang di menangkan Persiba Bantul dengan skor 3-1,pada laga kedua Persis Solo selection melawan Timnas u-23 yang dimenangkan lewat adu penalti 7-6 dan berhasil menggempur Timnas U-23 lalu Persis Solo melaju ke babak final melawan Persiba Bantul,pada laga final Persis Solo kalah dengan Persiba Bantul dengan skor 2-0.Dengan hasil itu maka Persiba Bantul mendapat juara 1 dengan hadiah 30 juta + trofi,Persis Solo mendapat juara 2 dengan hadiah 20 juta,Timnas U-23 mendapat juara 3 dengan hadiah 15 juta.

    ReplyDelete
  157. Senin 18 November National Aeronautics and Space Administration(NASA)meramalkan bahwa pada 24,25,26 Desember 2012 akan terjadi “Penjajaran Alam Semesta“, di mana matahari dan bumi dan planet dalam tata surya lain akan berada pada satu garis lurus untuk pertama kalinya.
    .
    Hal ini memungkinkan bumi berada pada suasana gelap gulita selama 3 hari penuh dan kita akan melihat dunia yang baru (Dark of the Earth), tanpa sinar dan cahaya matahari.
    .
    Apabila fenomena ini benar terjadi disarankan agar tidak perlu takut ataupun panik, namun berdo'alah dan eratkan hubungan antar masyarakat. Walaupun pasti ekosistem bumi akan sedikit terganggu seperti gangguan listrik dan sinyal.

    F.A.R.I.H.A.H / 0.9 / IC X.5



    ReplyDelete
  158. pada tanggal 19-21 oktober tepatnya 1 bulan yang lalu persis solo selection mengikuti ajang batik cup yang di selenggarakan pemkot surakartadi stadion manahan solo pesertanya adalah Persis Solo selection,Persiba Bantul,Timnas U-23,Divisi Utama all star kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenal budaya di indonesia.Pada laga pertama Persiba Bantul melawan Divisi utama all star yang di menangkan Persiba Bantul dengan skor 3-1,pada laga kedua Persis Solo selection melawan Timnas u-23 yang dimenangkan lewat adu penalti 7-6 dan berhasil menggempur Timnas U-23 lalu Persis Solo melaju ke babak final melawan Persiba Bantul,pada laga final Persis Solo kalah dengan Persiba Bantul dengan skor 2-0.Dengan hasil itu maka Persiba Bantul mendapat juara 1 dengan hadiah 30 juta + trofi,Persis Solo mendapat juara 2 dengan hadiah 20 juta,Timnas U-23 mendapat juara 3 dengan hadiah 15 juta.
    Muhammad Jodi Fitriawan . X5 . 35

    ReplyDelete
  159. Di kota Osaka, Jepang, ada sebuah gedung yang disebut Maishima Incineration Plant. Maishima adalah pabrik pembakaran sampah. Dari luar, gedungnya memang terlihat seperti istana bermain anak. Letaknya juga bersebelahan dengan taman kota Osaka.
    Gedung Maishima dibangun pada Maret 1997 dan selesai pada April 2001. Arsiteknya orang Austria, bernama Friedrich Stowasser. Maishima dibangun dengan biaya 60,9 miliar yen.
    Meski mahal ternyata pabrik ini sanggup membakar 900 ton sampah setiap hari. Hebatnya lagi, asap pembakaran sampahnya minim polusi. Selain itu, Maishima juga dapat bekerja sangat hemat. Ia mencukupi kebutuhan listrik gedung yang dihasilkan dari panas pembakaran sampah. Bahkan, Maishima juga menjual listriknya ke perusahaan listrik di kota itu.
    Maishima juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata belajar lho.

    Nadhifah A.T./X.5/14

    ReplyDelete
  160. Pantai Wediombo mungkin hanya salah satu diantara sekian banyak pantai yang masih belum terjamah di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai dengan hamparan pasir putih mahaluas ini seolah menggoda kaki untuk untuk terus memijak dan berjalan-jalan diatasnya. Di kanan kiri pantai dapat kita lihat bukut-bukit kapur hijau ditumbuhi lumut yang berdiri gagah menantang derasnya ombak pantai. Suasana pantai yang sepi juga menambah pesona pantai yang masih perawan ini.Pantai Wediombo terletak di Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak 70 km atau dua jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Di kanan kiri pantai landai yang berpasir putih ini, kita dapat melihat gugusan bukit kapur yang berwarna hijau ditumbuhi lumut. Namun yang perlu diperhatikan, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai ini karena sangat berbahaya.


    RORO DYAH DWIJAYATRI
    X.5 / 19
    IC

    ReplyDelete
  161. Pada hari kamis,tanggal 15 November 2012,di SMA Al-Islam 1 SKA diadakn diklat ruang ekstrakulikuler jurnalistik.Diklat itu dimulai pukul 06.00 wib dan di buka dengan senam pagi.Acara selanjutnya,para peserta di persilakan untuk sarapan dengan bekal yang telah dibawa masing-masing.Setelah selesai sarapan,dilanjutkan dengan penyampaian materi,tepatnya berlangsung di lab.multimedia.Diklat ruang itu diikuti oleh kurang lebih 50 peserta kelas X dan 30 panitia dari kelas XI,di dampingi juga dengan para guru.
    Para peserta sangat antusias mengikuti diklat tersebut,dan memperhatikan penyampaian materinya.Diklatpun berjalan sampai selesai dengan lancar.

    ALYARAHMA N AISYA
    04/X5

    ReplyDelete
  162. Sekitar tiga puluh peserta wisuda Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Dusun Plumbon telah berkumpul sejak pukul 06.00 di Lapangan Kustati, Sukoharjo, Minggu (3/4) memakai seragam toga. Para peserta berkumpul untuk mengikuti wisuda yang diselenggarakan Pemerintah Kota (pemkot) Sukoharjo. Acara tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan semangat dan minat peserta dalam belajar membaca dan menulis Al-Quran, setelah mereka diperkenalkan dengan acara wisuda tersebut, para peserta diharapkan lebih bersemangat dalam belajar. Setelah melakukan berbagai persiapan, peserta yang berasal dari Dusun Plumbon ini siap berangkat dengan menaiki Kereta Kelinci yang telah disiapkan untuk mengantar para peserta ke Stadion tempat acara tersebut berlangsung. Sepanjang perjalanan, para peserta yang didominasi anak usia lima tahun hingga sepuluh tahun ini terlihat sangat antusias menyambut acara tersebut. Sesampainya di Stadion, terlihat ratusan peserta dari berbagai dusun yang tersebar di Sukoharjo memadati area tersebut dengan pakaian Toga lengkap. Terlihat rombongan anak yang membawa tulisan Dusun Ngebrak sangat semangat dan disepanjang jalan meneriakkan yel-yel. Sambutan dari beberapa orang mengawali acara ini dan diiringi suara Rebana yang ditabuh oleh beberapa remaja menambah kesan islami yang sangat mengental. Acara tersebut berlangsung lancar, anak-anak terlihat senang dapat menaiki panggung selagi berfoto dengan Bapak Bupati.

    ReplyDelete
  163. kota solo,kota yang penuh keindahan budaya.salah satunya Di kota solo terdapat wilayah keraton yang juga sebagai pariwisata,setiap hari selalu ada gerombolan dari luar kota maupun luar negri yang mengunjungi wilayah keraton.wilayah keraton adalah wilayah kekuasaan yang dikuasai sultan hamengku buwono 1 sampai 12(sekarang),bahkan kekuasaan keraton masih berlaku.awalnya keraton surakarta(solo) berada di wilayah kartasura lalu dipindah ke wilayah surakarta(solo).keraton juga telah memberikan lapangan pekerjaan pada orang2 yaitu pasar klewer yang setiap hari ramai oleh pengunjung untuk kegiatan banyak hal seperti membeli pakaian,baju,sepatu,perhiasan,dan menabung.di keraton terdapat museum keraton yang bisa belajar sejrah hamengku buwono dan peralatan2 masa dahulu.harga untuk masuk ke museum 7.000 rupiah.

    M.NAFIUDDIN FADLI 36/X5

    ReplyDelete
  164. Sekitar tiga puluh peserta wisuda Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Dusun Plumbon telah berkumpul sejak pukul 06.00 di Lapangan Kustati, Sukoharjo, Minggu (3/4) memakai seragam toga. Para peserta berkumpul untuk mengikuti wisuda yang diselenggarakan Pemerintah Kota (pemkot) Sukoharjo. Acara tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan semangat dan minat peserta dalam belajar membaca dan menulis Al-Quran, setelah mereka diperkenalkan dengan acara wisuda tersebut, para peserta diharapkan lebih bersemangat dalam belajar. Setelah melakukan berbagai persiapan, peserta yang berasal dari Dusun Plumbon ini siap berangkat dengan menaiki Kereta Kelinci yang telah disiapkan untuk mengantar para peserta ke Stadion tempat acara tersebut berlangsung. Sepanjang perjalanan, para peserta yang didominasi anak usia lima tahun hingga sepuluh tahun ini terlihat sangat antusias menyambut acara tersebut. Sesampainya di Stadion, terlihat ratusan peserta dari berbagai dusun yang tersebar di Sukoharjo memadati area tersebut dengan pakaian Toga lengkap. Terlihat rombongan anak yang membawa tulisan Dusun Ngebrak sangat semangat dan disepanjang jalan meneriakkan yel-yel. Sambutan dari beberapa orang mengawali acara ini dan diiringi suara Rebana yang ditabuh oleh beberapa remaja menambah kesan islami yang sangat mengental. Acara tersebut berlangsung lancar, anak-anak terlihat senang dapat menaiki panggung selagi berfoto dengan Bapak Bupati.
    Nadya Nur Hanifah.16/x5

    ReplyDelete
  165. PARAGRAF EKSPOSISI :
    pada tanggal 20 november 2012, tepatnya pada hari sabtu pukul 22.00 WIB terjadi kecelakaan diruas jalan tol Pasuruan, Jawa timur antara bus dan sepeda motor , penumpang bus berjumlah 30 orang termasuk sopir dan kondektur , kurangnya penerangan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan . kecelakaan tersebut menyebabkan nyawa seorang pengendara motor melayang. akibat kecelakaan tsb membuat kemacetan sepanjang 1 km. kemacetan tersebut membuat mobil penyelamat tersendat-sendat dan menyebabkan terlambatnya mobil penyelamat . kepala Satlantas jawa timur menyatakan korban jiwa meninggal selama diperjalanan menuju ke rumah sakit dan bagi korban luka-luka sudah diperbolehkan pulang setelah dirawat intensif diRumah sakit swasta terkenal diJawa Timur . Kapolsek Jawa Timur telah menetapkan sopir bus sebagai tersangka. Setelah berkas-berkas serta bukti kesaksian dari para saksi penumpang bus , pada 28 desember mendatang sidang pertama akan dimulai , tersangka akan diancam pidana kurungan minimal 10th dan denda sebesar 500jt. Dan bagi korban luka-luka akan mendapatkan jasa asuransi sebesar 10jt perorang.

    RORO DYAH DWIJAYATRI
    X.5
    19
    IC X.5 {INTERNATIONAL CLASS}

    ReplyDelete
  166. PARAGRAF EKSPOSISI :
    Disleksia berasal dari kata Yunani yaitu “dys” yang berarti kesulitan dan “leksia” yang berarti kata-kata. Dengan kata lain, disleksia berarti kesulitan dalam mengolah kata-kata. Ketua Pelaksana Harian Asosiasi Disleksia Indonesia dr Kristiantini Dewi, Sp A, menjelaskan, disleksia merupakan kelainan dengan dasar kelainan neurobiologis dan ditandai dengan kesulitan dalam mengenali kata dengan tepat atau akurat dalam pengejaan dan dalam kemampuan mengode simbol. Terdapat dua macam disleksia, yaitu developmental dyslexia dan acquired dyslexia. Developmental Dyslexia merupakan bawaan sejak lahir dan karena faktor genetis atau keturunan. Disleksia tidak dapat disembuhkan. Disleksia tidak hanya mengalami kesulitan membaca, mereka juga mengalami hambatan mengeja, menulis, dan beberapa aspek bahasa yang lain. Meski demikian, anak-anak penyandang disleksia memiliki tingkat kecerdasan normal atau bahkan di atas rata-rata. Dengan penanganan khusus, hambatan yang mereka alami bisa diminimalkan. Namun kebanayakan para ilmuan-ilmuan adalah penyandang disleksia seperti Albert Einstein, Sir Winston Churchill, Tom Cruise, Walt Disney, dan Lee Kuan Yeuw.
    NORMARINIKHUSNUL KHOTIMAH
    X.2 / 18

    ReplyDelete
  167. CONTOH EKSPOSISI

    Flu burung atau avian influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia. Penyebab penyakit ini adalah virus strain H5N1.
    Flu burung pertama kali dideteksi di Hongkong pada tahun 1977.Kemudian kembali merebak di tahun 2003,hingga februari 2004 flu burung telah menyebar ke 10 negara ASIA termasuk Indonesia.
    Sifat dari virus ini adalah:
    -Dapat bertahan hidup di air hingga 4 hari pada suhu 22 derajat dan lebih dari 30 hari pada suhu 0 derajat.
    -Virus dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh atau tinja unggas,tetapi akan mati pada pemanasan 60 derajat selama 30 menit.
    Cara penularan virus ini yaitu unggas yang sakit akan menularkan virus melalui ludah,lendir,darah,dan tinja.Penyebaran kepada manusia dapat melalui kontak langsung dengan unggas yang sakit atau ndengan permukaan yang terkontaminasi tinja atau sekret unggas tersebut.
    Gejala yang dialami oleh manusia yang terkinfeksi virus ini umumnya adalah demam,sakit tenggorokan,batuk, dan nyeri otot.Pada beberapa kasus terjadi pula gangguan pernafasan dan pneumonia.Ini tergantung pada kekebalan tubuh penderita.Gejala lebih lanjut dapat mengakibatkan kematian.
    Beberapa terapi pengobatan flu burung berupa antivirus seperti asetaminivir,zanamivir,atau mekanisme M2 inhibitor kadang-kadang menunjukkan keampuhannya.
    Cara untuk mencegah penularan virus ini adalah:
    -Daging ayam dan telur dimasak hingga matang
    -Menjaga kebersihan lingkungan
    -Menjaga kebersihan diri
    -Menggunakan pelindung(masker khusus) ketika melakukam kontak langsung dengan unggas.

    FAJAR FITRIANINGSIH/X-5/08



    ReplyDelete
  168. Eksposisi:
    Beberapa hari yg lalu diadakan pemilihan calon ketua osis di halaman sekolah. Siswa siswi kelas X duduk dengan karpet plastik di halaman sekolah. Acara yg diadakan sangat meriah messkipun musiknya hanya diiringi dengan alunan piano/keyboard yg dimainkan oleh seorang siswa kelas X.
    Calon ketua osis ini berasal dari 3 kelas yg semuanya adalah siswa-siswa kelas XI, yaitu dua siswa dari kelas IPA dan satu siswa dari kelas IPS. Siswa siswi kelas XI memeriahkan acara dengan memberi support teman-temannya yg menjadi calon ketua osisdari lantai atas. Mereka memasang banyak spanduk. Berbagai spanduk yg dipasang dimana-mana berisi tentang dukungan untuk calon-calon ketua osis ini.
    Aisyah Aulia R./X5/03

    ReplyDelete
  169. -Busung lapar adalah sebuah fenomena penyakit di Indonesia bisa diakibatkan karena kekurangan protein kronis pada anak-anak yang sering disebabkan beberapa hal, antara lain anak tidak cukup mendapat makanan bergizi, anak tidak mendapat asuhan gizi yang memadai dan anak mungkin menderita infeksi penyakit.
    -Tanda yang khas adalah :
    adanya bengkak pada seluruh tubuh sehingga tampak gemuk, wajah anak membulat dan sembab terutama pada bagian wajah, bengkak terutama pada punggung kaki dan bila ditekan akan meninggalkan bekas seperti lubang, timbulnya ruam berwarna merah muda yang meluas dan berubah warna menjadi coklat kehitaman dan terkelupas, tidak bernafsu makan atau kurang, rambutnya menipis berwarna merah seperti rambut jagung dan mudah dicabut tanpa menimbulkan rasa sakit, sering disertai infeksi, anemia dan diare, anak menjadi rewel dan apatis perut yang membesar juga sering ditemukan akibat dari timbunan cairan pada rongga perut.
    -cara Pencegahan:
    dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang bergizi pada anak berupa sayur mayur, buah-buahan, makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, jagung, makanan yang mengandung protein telur, ikan ,daging dll, kemudian dianjurkan pemberian air susu ibu (ASI) bagi anak berusia dari 0 bulan sampai dengan 24 bulan.

    NAMA: AVIFAH ALFAUZIYAH (X.5/06)

    ReplyDelete
  170. PARAGRAF EKSPOSISI:
    “Teknologi 4G terbaru di dunia”
    Layanan telekomunikasi generasi keempat (4G) dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) untuk pertama kali telah diluncurkan oleh TeliaSonera bekerja sama dengan Ericcson di Stockholm , Swedia secara komersial pada hari senin (14/12).Peluncuran ini lebih awal dilaksanakan dari perncanaan yang ada.Carl-Hendric Svanvberg , Presiden dan CEO Ericsson mengatakan bahwa era baru dari pita lebar mulai bergerak hari ini dengan kemampuannya yang jauh lebih hebat dari teknologi-teknologi lain akan membuat para pelanggan bergerak pada pita lebar ke tingkat lebih tinggi.Kecepatan LTE atau disebut jaga 4G akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses pita lebar bagi para pelanggan.LTE di desain untuk memindahkan sejumlah data yang sangat besar secara hemat dan efisien.Tidak lupa untuk mengoptimalkan penggunaan pita frekuensi dan mengangkat kecepatan nirkabel secepat menggunakan serat optik.
    Jaringan LTE yang dibangun oleh Ericsson sudah menjangkau seluruh bagian pusat kota Stockholm dan merupakan cakupan jaringan terbesar hingga saat ini.TeliaSonera disuplai oleh Ericsson dengan sistem LTE (4G) termasuk stasiun LTE berbasis radio berseri RBS6000(terbaru),jaringan Evolved Packet Core,solusi Backhaul yang bergerak dan termasuk penerus SmartEdge 1200,multi akses kesatuan tombol EDA terbaru, serta sebuah solusi operasi dan manajemen sistem. Sistem LTE ini berdasarkan standar 3GPP untuk teknologi radio Long Term Evolution (LTE) dan teknologi Evolved Packet Core (EPC).Mengejutkannya lagi bahwa penemu teknologi canggih ini berasal dari “Indonesia”.Ia adalah Prof.Dr.Khoirul Anwar yang bekerja di Jepang.Beliau merupakan ilmuan top di Jepang yang berasal dari Dusun Jabon ,Desa Juwet ,Kecamatan Kunjang ,Kabupaten Kediri ,Jawa Timur dimana telah memegang dua hak paten penting dibidang telekomunikasi.Pria kelahiran Kediri tahun 1978 ini merupakan lulusan jurusan elektro , Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Cum Laude di tahun 2000 dan meraih gelar “MASTER dan DOKTOR” dari Nara Institut Science and Technologi (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008.
    Tak disangka-sangka,penemuan hebatnya ini berasal dari salah satu film animasi yang berjudul DRAGON BALL.Konsepnya diambil dari sebuah jurus Spirit Ball dari karakter Goku kemudian dianalogikannya sebagai turbo equalizer yang mampu mengumpulkan seluruh energi dari blog transmisi yang ter-delay maupun transmisi terdahulu untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang.Metode ala jurus Dragon Ball ini bisa dibilang dapat memecahkan masalah transmisi nirkabel,terlebih lagi penemuan ini dapat diterapkan pada hampir semua sistem telekomunikasi termasuk : GSM , CDMA dan cocok diterapkan pada sistem 4G yang membutuhkan kinerja tinggi dengan tingkat kompleksitas rendah.Hal ini merupakan salah satu kebanggan Indonesia dimana telah banyak prestasi yang banyak dihasilkan dari masyarakat Indonesia,namun kemampuan yang telah dimiliki para ahli belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemerintah dalam pengelolaan sumber daya manusia.Kebanyakan orang-orang hebat di Indonesia telah dimanfaatkan untuk keuntungan negara-negara lain dalam mensejahterakan negaranya terlebih dalam urusan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
    ARIF ADHI SUKMA / X.2 / 29

    ReplyDelete
  171. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  172. MANFAAT LIDAH BUAYA (ALOEVERA)

    Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat lidah buaya tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

    Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging. Meskipun lidah buaya sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Menariknya, komoditas ini tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai minuman yang menyehatkan.
    Lidah buaya atau sering disebut Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Lisah buaya ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM. Seorang peracik obat-obatan tradisional yang berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.
    Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.
    Menurut seorang pengamat makanan kesehatan (suplemen), Dr. Freddy Wilmana, MFPM, Sp.FK, dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antara ke-72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.
    Mengingat kandungan yang lengkap itu, lidah buaya bukan cuma berguna menjaga kesehatan, tapi juga mengatasi berbagai penyakit. Misalnya lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin. Dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal.
    Menurut menurut beberapa dokter, beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan zinc.
    Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan.Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif.
    Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda.
    Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik.
    Sejauh ini, menurut, penelitian belum menemukan efek samping penggunaan lidah buaya. Jika ada masalah, itu hanya berupa alergi pada mereka yang belum pernah mengonsumsi lidah buaya. Tapi, sejauh ini dari pasien yang mengonsumsi suplemen berbahan dasar lidah buaya, reaksi yang muncul adalah karena daya kerja obat yang melawan penyakit. Namun, yang perlu diingat,sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit langsung berwarna cokelat. Hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi, sehingga beberapa zat yang dikandungnya rusak.
    NURUL HUDA/X.2/38

    ReplyDelete
  173. MANFAAT TUMBUHAN CIPLUKAN

    Ciplukan adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek dan hanya bisa ditemukan saat musim penghujan. Tumbuhan ini biasanya mempunyai tinggi antara 30-50 Cm, batangnya berwarna hijau kekuningan, buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning. Selain mempunyai rasa yang manis, ternyata buah ciplukan menyimpan beberapa khasiat penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti influenza, sakit paru-paru, kencing manis, dan beberapa penyakit lain. Namun meskipun memiliki beberapa khasiat penting, keberadaan tumbuhan ini sering disepelekan karena diangggap sebagai tumbuhan liar.
    Manfaat tanaman ciplukan selama ini kita ketahui hanya sebatas dari buahnya yang manis dan segar. Saya terutama waktu masih kecil dulu sering sekali makan buah ciplukan ini, dengan bentuknya yang bulat agak kekuningan berarti buah ciplukan siap untuk dimakan, ada rasa masam dan manis dalam buah ciplukan ini. Tanaman ini merupakan tanaman satu musim yang dapat tumbuh duii daerajh yang ada airnya namun tidak becek dan tidak terlalu kering. Masa tumbuhnya juga sangat cepat dan cepat berbuah pula karena hanya merupakan tumbuhan satu musim. Saya biasa menjumpai tumbuhan ciplukan ini di sawah-sawah tegalan, di pinggir selokan atau kadang di pinggir jalan juga ada. Dalam bahasa latinnya tanaman Ciplukan biasa disebut Physallis peruvianna L., atau Physallis angulata Linn atau Physallis minina Linn, yang termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Keceplokan, Nyornyoran atau Cecendet, atau ceplukan (di jogja). Tanaman ciplukan ternyata memiliki berbagai kandungan kimia, untuk yang saat ini sudah diketahui antara lain meliputi Chlorogenik acid, C27H44O-H2O, Asam sitrun dan fisalin, Sedangkan buah Ciplukannya sendiri mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, sedangkan bijinya mengandung Claidic acid. Tanaman ciplukan ini bersifat analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoxifies), meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh. Dalam farmakologi Cina disebutkan tumbuhan ini memiliki rasa pahit dan sifat sejuk. Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan akar, daun dan buah.
    YUSNIA NUR AFIFAH/X.2/26

    ReplyDelete
  174. SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX

    Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah pahlawan nasional sekaligus tokoh paling berpengaruh terutama di wilayah kesultanan Yogyakarta.Dilahirkan dengan nama Bendoro Raden Mas Dorodjatun.Beliau putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah dan lahir pada 12 April 1912 di Sompilan Ngasem,Yogyakarta.
    Sebagai keturunan langsung Sultan Yogyakarta tanggal 18 Maret 1940 ia dinobatkan sebagai Sultan dengan gelar"Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Sultan Hamengkubuwono Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sanga.Ia adalah seorang Sultan yang memimpin di Kesultanan Yogyakarta(1940-1988)dan Gubernur DIY yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia.Ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia yang kedua antara tahun 1973-1978.Ia juga di kenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia,dan pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
    Ia merupakan sultan yang menentang penjajah Belanda dan mendorong agar pemerintah RI memberi status khusus bagi Yogyakarta dengan predikat"Istimewa".Sebelum dinobatkan,Sultan yang berusia 28 tahun bernegosiasi secara alot selama 4 bulan dengan diplomat senior Belanda Dr.Lucien Adams mengenai otonomi Yogyakarta.Di masa Jepang,Sultan melarang pengiriman romusha dengan mengadakan proyek lokal saluran irigasi Selokan Mataram.Sultan bersama Paku Alam IX adalah penguasa lokal pertama yang menggabungkan diri ke Republik Indonesia.Sultan pulalah yang mengundang Presiden untuk memimpin dari Yogyakarta setelah Jakarta dikuasai Belanda dalam Agresi Militer Belanda I.Beliau juga tokoh yang sangat berperan dalam peristiwa serangan Umum 1 Maret 1949.Sejak 1946 beliau pernah beberapa kali menjabat menteri pada kabinet yang dipimpin Presiden Soekarno.Jabatan resminya pada tahun 1966 adalah Menteri Utama di bidang Ekuin.Pada tahun 1973 beliau diangkat sebagai Wakil Presiden.
    Pada 2 Oktober 1988,ia wafat di George Washington University Medical Centre,Amerika Serikat dan dimakamkan di pemakaman para sultan Mataram di Imogiri,Kabupaten Bantul,Yogyakarta,Indonesia.
    -YUNDA SEPTI CAHYANI/X.2/25

    ReplyDelete
  175. Pada hari Sabtu tanggal 16 November 2012 telah diadakan lomba "Petualangan Si Kecil" di daerah Colomadu, Karanganyar. Lomba tersebut diselenggarakan di Kebun Sawahan yang memiliki latar yang sangat luas.Para pemuda daerah sekitarlah yang mengadakan lomba Petualangan Si Kecil dengan seijin Bupati Karanganyar, Rina Iriani untuk mengajukan beberapa sekolah dasar dan taman kanak-kanak yang letaknya dekat dengan Kebun Sawahan. lomba dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB.Penilaian didasarkan pada keaktivan tiap anggota dan kekompakan tim. Perlombaan ini tidak memungut biaya, karena tujuan lomba ini diadakan agar masa depan anak-anak Indonesia tidak lagi terpecah belah hanya karna kesalah pahaman. Di lomba ini mereka dapat saling memahami watak dan tingkahlaku masing2 temannya. Meskipun tidak memungut biaya, panitia lomba tak lupa menyiapkan hadiah bagi para pemenang lomba berupa piala dan alat-alat belajar. Pemenang perlombaan ini berdasarkan kekompakan tim dan keaktivan anggota dalam perlombaan. Bagi tim yang tidak menang lomba juga akan mendapatkan hadiah dari panitia atas partisipasinya mengikuti perlombaan.
    Khairunnisa S R
    X-5 13

    ReplyDelete
  176. waduk Gajah Mungkur merupakan sebuah bendungan yang berada di Kabupaten Wonogiri. Waduk tersebut terbentuk dengan adanya trasmigrasi oleh penduduk didaerah tersebut menuju daerah Sumatra. Dan kini, waduk tersebut digunakan untuk mengairi sawah-sawah yang ada disekitarnya. Selain itu waduk tersebut juga dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Dan setiap hari Minggu diwaduk tersebut sangat ramai akan kedatangan para pengunjung. Apalagi, ketika libur panjang telah tiba, waduk tersebut sangat ramai dan bahkan keramaian tersebut mengakibatkan kemacetan yang sangat panjang. Kemacetan tersebut terjadi karena adanya sistem buka-tutup memasuki daerah waduk tersebut yang dijaga oleh beberapa polisi selama libur panjang tiba.
    Izza Azkiya Rachma X.5/12

    ReplyDelete
  177. Elang Sari adalah salah satu tempat rekreasi yang ada Salatiga. Elang Sari memiliki aneka wahana, mulai dari wahana yang biasa sampai wahana yang menantang, aneka wahana yang menantang lebih digemari oleh para pengunjung seperti kora-kora,jet koster,halilintar,dan masih banyak lagi, tetapi setiap wahana mempunyai syarat bagi pengunjung yang ingin menikmatiya. syarat-syarat yang biasa ditekankan bagi pengunjung yaitu : berat badan,umur,tinggi badan. tiket masuk saat hari libur berbeda dengan tiket hari biasa. tiket hari biasa berkisar antara Rp.20.000-Rp70.000 untuk hari libur berkisar antara Rp.50.000-Rp.100.000. pada hari libur pengunjung yang datang lebih banyak daripada hari biasa. mereka datang dari berbagai kota untuk menikmati wahana yang telah tersedia. NADIA NUR RISKA/15/X5

    ReplyDelete
  178. NAPSA adalah Narkoba Psikotropika dan zat adiktif yang saat ini telah berdedar dengan mudahnya di kalangan masyarakat, bahkan pengkonsumsi utama NAPZA, 70% adalah para remaja. Tidak di ketahui, dari mana saja obat-obatan terlarang itu di dapat dan kini semakin banyak jenisnya. Antara lain sabu-sabu, ganja, heroin, morfin, dan lain-lain. Dan obat terlarang itu juga berbeda-beda cara penggunanya, seperti dengan disuntikan pada tubuh, dikonsumsi maupun dengan disuntikan pada tubuh, di konsumsi maupun dengan dihirup. Obat-obat ini sangat berbahaya, dan menyebabkan ketergantungan, dan bisa juga hingga mengaklami sakau karena konsumsi yang berlebihan. Dan tidak sedikit yang mengalami kematian dari 50% pengkonsumsi NAPSA.

    RISTA NISA'UL HANIFA X.5/18

    ReplyDelete
  179. Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.Jadi, membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat.

    AULIA WIDYA RAMADHANI
    X.2
    06

    ReplyDelete
  180. PARAGRAF EKSPOSISI
    Siang hari pada tanggal Minggu 4 November, telah terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan Baturaja, Kabupaten Jayamaharja. Sebuah bus terperosok ke sungai setelah bertabrakan dengan sebuah bus pariwisata yang dikendarai Sujirwo (42). Mula-mula bus yang melaju dangat kencang dan hendak menyalip mobil di depan nya, tiba-tiba dari arah yang berlawanan melintas sebuah truk yang dikendarai Jono S(39).Sujirwa selaku sopir bus sudah tau bakal terjadi sebuah kecelakaan. Dan memang, kecelakaan tidak terelakkan. Bus langsung menabrak truk yang dikendarai Jono S, lalu truk terjungkal dan masuk ke sungai. Diketahui tidak ada korban tewas dan ada 2 korban luka-luka ,yaitu sopir itu sendiri, kini mereka mendapat perawatan intensif di RS Sidoajur.
    M.TSAQIF.M/X5/37

    ReplyDelete
  181. PARAGRAF EKSPOSISI
    Pada tanggal 18 Juli telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebagian kota Yogyakarta dan sekitarnya luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun juga berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat. Belum ditemukannya korban yang tewas, tetapi korban yang terluka masih terus bertambah.
    M. FIKRI GHOZALI /X-5 /34

    ReplyDelete
  182. PARAGRAF EKSPOSISI
    Topik : Komputer Tercepat Nomer 2 di Dunia
    Artikel : Tianhe-I, Tianhe-1, atau TH-1 atau dalam bahasa Indonesia berarti Bima Sakti-1, adalah sebuah super komputer yang dibuat oleh National Supercomputing Center di Tianjin, Republik Rakyat Cina. Tianhe-I merupakan salah satu super komputer bekecepatan petaFLOP di dunia. Pada tanggal 26 Oktober 2010, versi terbaru dari komputer ini, yang diberi nama Tianhe-1A, berhasil menjadi komputer tercepat di dunia, mengalahkan Jaguar buatan ORNL, dengan puncak tingkat komputasi sebesar 2.507 petaFLOP. Namun pada bulan Juni 2011, posisi Tianhe-1A tergeser ke tempat kedua dengan kehadiran superkomputer bernama K computer buatan Fujitsu, Jepang, dengan kecepatan kalkulasi 8.162 petaFLOP, menjadikan K computer sebagai komputer tercepat di dunia saat. Komputer tercanggih yang dimiliki Cina saat ini diberi nama Tianhe-1A. Tianhe 1A telah memecahkan rekor dengan melakukan kalkulasi secepat 2000 triliun dalam satu detiknya. Jangan kaget dengan biaya proyek untuk membuat teknologi komputer tercanggih ini. Cina membutuhkan Lima Puluh Juta Euro dan mempekerjakan dua ratus teknisi dengan dua tahun masa pengerjaannya. Komputer Tianhe-1A juga harus menggunakan 103 buah pendingin.Untuk membangun superkomputer dari komponen yang ada, memerlukan sejumlah besar listrik, kira-kira jumlahnya setara dengan pembangkit listrik tenaga nuklir ukuran sedang. Namun, Dr. Dongarra mengatakan persyaratan daya dari superkomputer China yang baru relatif kecil, hanya sekitar 1 Megawatt, menurut laporan teknisi. Sedangkan superkomputer Tianhe mngkonsumsi sekitar 4 Megawatt dan superkomputer Jaguar sekitar 7 Megawatt. Tianhe-1A mampu mencapai kecepatan hingga 2507 petaflop yang melebihi saingannya terdahulu The Cray XT5 Jaguar milik departemen energi Amerika Serikat.-1A apabila dibandingkan dengan komputer biasa yang ada dipasaran saat ini unggul diatasnya dengan kemampuannya 14000 kali powerdalam pemrosesan data. Jumlah prosesor grafisnya berjumlah 7000 buah sama dengan jenisnya yang biasa digunakan untuk bermain video games di komputer biasa, dengan 7000 buah grafis prosesor maka bisa dibayangkan bagaimana kecepatannya. Kelebihan yang patut diacungi jempol adalah meskipun memiliki teknologi supercepat didunia, komputer ini tidak melupakan bagaimana menghemat energi. Universitas Nasional Teknologi Pertahanan (NUDT) adalah tempat membuat proyek komputer teknologi tercanggih ini melalui jurusan teknologi pertahanan. UNC terletak di utara kota Tianjin dari pelabuhan. Fungsi Tianhe 1A bagi Cina dipergunakan untuk badan meteorologi dan geofisika miliknya. Dengan spesifikasinya adalah untuk melihat mempelajari cuaca di Cina. Selain itu digunakan juga untuk mampu membantu meningkatkan perkembangan industri minyak.

    Muhammad Nadian Junda E/X-2/36

    ReplyDelete
  183. MANFAAT LEMON DAN JERUK NIPIS

    Lemon dan jeruk nipis ternyata bisa berkhasiat sebagai penghilang jerawat. Kedua buah ini mengandung citric acid yang sangat kaya dan sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang luar biasa.

    ANITA WIDI/X.2/02

    ReplyDelete
  184. Tolak peluru adalah salah satu cabang olah raga atletik. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat dengan jarak lemparan sejauh mungkin. Dengan ketentuan berat bola adalah 7,257 kilogram untuk senior putra, 4 kilogram untuk senior putri, 5 kilogram untuk yunior putra, dan 3 kilogram untuk yunior putri. Dan atlet dengan jarak lempar terjauh adalah yang menjadi pemenang.

    Clarissa Fauzany P / X-5 / 07

    ReplyDelete
  185. eksposisi

    SMA AL ISLAM 1 Surakarta adalah salah satu nama SMA swasta yang ada di Surakarta,terletak di jalan Honggowongso,bernomor 94,letaknya di kiri jalan ketika kita berjalan menuju arah utara. gedungnya besar,berlantai 3 dan banyak sekali ruangannya. ruang yang ada pun cukup nyaman dan memiliki berbagai fungsi yang berbeda beda. disana juga terdapat masjid,masjidnya megah,luas,dan nyaman,..


    Frid Ulil A./X5/28

    ReplyDelete
  186. EKSPOSISI

    Kamis, 8 November 2012, beberapa SMA dan SMK terdapat didaerah Surakarta berkumpull di UNS Surakarta. Diantaranya dari MAN 1 Surakarta, SMA Al – Islam 1 Surakarta, SMA Al – Azhar Solo Baru, SMA Assalam, SMK Assalam dan lain lain yang berjumlahkan 28 SMA/SMK. Setelah melakukan beberapa persiapan, para pelajar ini bersiap untuk berlomba meraih kemenangan dalam acara lomba mading yang bertemakan pahlawan. Acara ini diselenggarakan oleh EKSPO, dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Dalam acara ini waktu yang disediakan oleh panitia adalah 2,5 jam. Sehingga peserta harus memaksimalkan waktu dengan semaksimal mungkin. Acara ini dimulai dengan dua bel dan diakhiri dengan satu bel panjang. Dan juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar limapuluh juta rupiah, kemudian juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar dua puluh lima juta rupiah, dan juara ketiga mendapatkan uang tunai sebesar sepuluh juta rupiah. Dan untuk meraih juara pertama tidak gampang, karena peserta harus memperhatikan keterkaitan tema, kerapan, waktu, kekreatifan dan artikel arikel yang menarik, sehingga pembaca dapat tertarik untuk membaca mading tersebut. Setelah sholat dhuhur, panitia mulai menilai karya – karya tersebut. Setelah panilaian selesai, pannitiapun mengumumkan hasil penilaiannya. Juara ketiga diraih oleh SMA 2 Surakarta, juara kedua diraih oleh MAN 1 Surakarta, dan juara pertamapun diraih oleh SMA Al – Islam 1 Surakarta, yang berjudulkan From Teacher To Hero.

    NAMA : MOHAMMAD ARIEF DHARMAWAN
    KELAS : X.5
    NO : 32

    ReplyDelete

Berikanlah komentar yang sopan serta berkaitan dengan artikel. Komentar akan langsung ditampilkan tanpa menunggu moderasi.

 

About Me

My Photo
Auriga Maulana Khasan
Hello, I'am the author of Science And Education. I'am a teacher at one of high school in Solo, while continuing college Master of Degree. Blongging is the custom in my spare time. I wrestle the blog since 2011 on education, learning, some of the subject matter, including tips and tricks blog. See me on facebook
Email:auriga_maulana_khasan@yahoo.com
View my complete profile

Followers

Google+ Followers