Contoh PKMK: PEMBUATAN YOGHURT KEDELAI ANEKA RASA (STRAWBERY, MELON, JERUK)


Pada kali ini, saya akan membagikan contoh bentuk proposal jenis PKM Kewirausahaan atau sering disebut PKMK. Sengaja saya bagikan karena ada beberapa orang yang request contoh dari PKMK. Semoga contoh PKMK ini bermanfaat untuk anda dan menambah semangat dalam bersaing dalam pembuatan karya yang semakin brilian. Panduan di dalam penyusunan PKM bisa anda download di sini Pedoman PKM 2011
Contoh PKM di bawah ini sengaja saya posting sebagian, Untuk membaca bentuk lebih lengkapnya, silakan download di sini Contoh Bentuk PKMK (Password: aurigamaulana.blogspot.com)

Berikut saya sajikan PKMK yang berjudul PEMBUATAN YOGHURT KEDELAI ANEKA RASA (STRAWBERY, MELON, JERUK)









PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


JUDUL PROGRAM

PEMBUATAN YOGHURT KEDELAI ANEKA RASA
(STRAWBERY, MELON, JERUK)



BIDANG KEGIATAN
PKMK


Disusun Oleh
       
Ilham Pradigda Mengku P.   H 0605018 (2005)
Dita Rahmawati                     H 0605008 (2005)
Ratna Tri M                             H 0605062 (2005)
Inna Pradipta                         H 0606050 (2006)
Ratih Budi E                           H 0606062 (2006)


FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2007




HALAMAN PENGESAHAN 
USULAN  PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.
Judul Kegiatan
:
Pembuatan Yoghurt Kedelai Aneka Rasa (Strawbery, Melon, Jeruk)
2.
Bidang Kegiatan
:
PKMK (Kewirausahaan)
3.
Bidang Ilmu
:
Teknologi dan Rekayasa Hasil Pertanian
4.
Ketua Pelaksana Kegiatan



a.       Nama Lengkap
:
Ilham Pradigda M P

b.       NIM / NRP
:
H 0605018

c.       Jurusan
:
Teknologi Hasil Pertanian ( THP)

d.      Universitas/Institut / Politeknik
:
Universitas Sebelas Maret Surakarta

e.       Alamat Rumah /Telp/Fax
:
Krangganharjo RT 02/III, Kec. Toroh, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.
08564735****
5.
Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis
:
4 orang
6.
Dosen Pendamping



a. Nama Lengkap dan Gelar
:
Ir. Choirul Anam, MP.

b. NIP
:
132 316 567

c. Alamat Rumah dan No. HP
:
Jl Slamet Riyadi Gg Duku No 8, RT 1 RW 6 Kabalan, Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo.
0812274****
7.
Biaya Kegiatan Total (DIKTI)

Rp 6.000.000,00
8.
Jangka Waktu Pelaksanaan
:
6 Bulan

                                                                                    Surakarta, 26 September 2007
           
    Menyetujui                                                                   
    Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian                                                     Ketua Pelaksana
    Fakultas Pertanian



    (Ir. Kawiji, MS)                                                                                        (Ilham Pradigda M P)
    NIP. 131 570 295                                                                                     NIM. H 0605018

    Pembantu Rektor III                                                                                 Dosen Pembimbing 
    Universitas Sebelas Maret
    Surakarta
                                                                                   


   (Drs. Dwi Tiyanto, S.U)                                                                            (Ir. Choirul Anam, MP)
    NIP. 130 814 593                                                                                    NIP. 132 316 567




PEMBUATAN YOGHURT KEDELAI ANEKA RASA
(STRAWBERY, MELON, JERUK)

A.    Pendahuluan
1.      Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha
Susu kedelai terbuat dari protein kedelai (hasil isolasi) yang diperkaya dengan methionin (asam amino esensial). Susu kedelai memiliki kadar protein dan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Keunggulan susu kedelai dibandingkas susu sapi yaitu terletak pada kandungan kolesterol, susu kedelai tidak mengandung kolesterol sama sekali. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh varietas kedelai, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan, serta perlakuan panas. Kadar protein pada susu kedelai yang dibuat dengan perbandingan kedelai dan air 1: 8, 1: 10, dan 1 : 15 berturut – turut adalah 3,6 persen, 3,2 persen, dan 2,4 persen. Keunggulan lain susu kedelai adalah kecocokannya untuk orang – orang penderita defisiensi laktase.
Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu lebih awet, minuman ini disukai karena rasa segar, tekstur, dan aroma yang khas. Yoghurt hasil fermentasi susu kedelai disebut soyghurt sedangkan yoghurt yang dihasilkan dari santan kelapa disebut miyoghurt.  
Berdasarkan flavornya, yoghurt dibedakan menjadi 3 macam. Plain atau natural yoghurt adalah yoghurt natural yang rasanya sangat asam, biasanya digunakan untuk campuran salad. Untuk memberi rasa manis biasanya ditambah gula sebelum dikonsumsi. Flavoured yoghurt adalah yoghurt dengan flavour sintetis dan pewarna makanan. Sedangkan fruit yoghurt adalah yoghurt yang telah dicampur sari buah atau buah yang dipotong kecil – kecil. Biasanya penambahan potongan buah (mencapai 10%) dilakukan setelah susu diinkubasi agar tidak mengendap atau mengganggu tekstur yoghurt. Setelah beberapa jam diinkubasi, potongan buah dimasukkan ke dalam susu kemudian dilanjutkan lagi hingga satu jam hingga menghasilkan yoghurt dengan tekstur merata. Yoghurt kedelai aneka rasa inilah yang menggunakan prinsip atau kategori yoghurt yang ketiga (fruit yoghurt).

Buah-buahan bersifat perishable (mudah rusak) sehingga umur simpannya dalam keadaan segar sangat rendah. Untuk membuat umur buah-buahan menjadi lebih lama maka salah satu cara yang bisa dilakukan ialah pengolahan produk buah-buahan tersebut. Salah satu produk olahan tersebut adalah pasta buah. Perkembangan tingkat konsumsi masyarakat terhadap pasta buah dinilai masih rendah, oleh sebab itu diperlukan usaha untuk pemanfaatan pasta buah tersebut.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan pasta buah tersebut ke dalam yoghurt. Dengan adanya pencampuran tersebut maka akan terbentuk sebuah yoghurt baru yang memiliki kandungan gizi dan flavour yang lebih bervariasi. Di sisi lain, produk yoghurt kedelai aneka rasa akan meningkatkan nilai ekonomi dari susu kedelai dan buah - buahan. Produk yoghurt aneka rasa akan mempunyai kelebihan dibanding yoghurt biasa yang sudah beredar di pasaran terutama dalam hal kandungan nutrisi maupun flavornya. Peluang usaha yoghurt kedelai aneka rasa masih sangat besar mengingat bahan utamanya yaitu berupa susu kedelai mudah diperoleh dan dibuat.
Pembuatan yoghurt kedelai aneka rasa merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk menggali keterampilan, semangat dan jiwa kewirausahaan. Proses pembuatan yoghurt aneka rasa relatif mudah sehingga usaha ini sangat mungkin dilakukan oleh mahasiswa dan bahkan dikembangkan oleh mahasiswa. Mahasiswa merupakan sosok yang masih mempunyai semangat tinggi, khususnya dalam hal ini kewirausahaan. Semangat juang untuk tidak pantang menyerah mahasiswa akan sangat mendukung dalam perkembangan unit usaha yang dijalankannya dalam hal ini pembuatan yoghurt aneka rasa.
Daerah Surakarta dan sekitarnya terdapat banyak kawasan wisata yang banyak didatangi oleh para turis baik lokal, nasional maupun internasional. Kondisi tersebut merupakan salah satu peluang bagi  usaha pembuatan yoghurt kedelai aneka rasa. Dengan kondisi tersebut maka produk yoghurt kedelai aneka rasa dapat digunakan sebagai oleh-oleh atau makanan khas dari daerah Surakarta dan sekitarnya bagi para turis yang berkunjung ke obyek-obyek wisata di daerah tersebut.
Usaha yoghurt kedelai aneka rasa ini layak dikembangkan karena potensi produksi susu kedelai dan buah-buahan sebagai bahan baku utama produk ini mudah didapatkan di daerah Surakarta dan sekitarnya. Disamping itu, kendala atau masalah yang dihadapi oleh para produsen susu kedelai saat ini adalah akibat rendahnya harga jual susu kedelai. Diharapkan dengan berbekal sedikit pengetahuan dan bimbingan dari dosen selama kuliah, maka kami dapat mengolah susu kedelai tersebut menjadi yoghurt aneka rasa demi peningkatan nilai ekonomi susu kedelai.    
Motivasi melakukan usaha pembuatan yoghurt kedelai aneka rasa (strawbery, melon, jeruk) karena umur simpannya relatif lama, sebagai sumber protein dan vitamin. Selain itu, usaha pembuatan yoghurt kedelai aneka rasa ini merupakan salah satu wahana belajar bagi mahasiswa untuk menumbuhkan dan melatih jiwa kewirausahaan.
2.      Justifikasi Pemilihan Obyek Usaha
a.       Merupakan minuman kesehatan.
b.      Dapat dikonsumsi secara langsung.
c.       Usaha ini mudah diaplikasikan oleh mahasiswa karena proses produksinya relatif mudah.
d.      Mahasiswa umumnya telah menguasai penggunaan teknologi yang digunakan untuk membuat produk yoghurt aneka rasa ini.
3.      Tujuan Usaha yang Hendak Dicapai
a.       Membuat terobosan baru produk minuman kesehatan yang terjangkau oleh masyarakat luas.
b.      Meningkatkan nilai ekonomi susu kedelai dan pemanfaatan buah - buahan.
c.       Mendapatkan keuntungan yang optimal.

Untuk membaca bentuk lebih lengkapnya, silakan download di sini Contoh Bentuk PKMK.
Password: aurigamaulana.blogspot.com

Download juga PKMK lainnya:  

  1. Cassava for Fun
  2. Pemanfaatan Buah-Buahan (Mangga dan Nanas) dalam Pembuatan Sirup dan Selai




NB: Contoh PKM diatas saya harap digunakan dengan semestinya dan tidak disalahgunakan.


Dapatkan update artikel GRATIS via email. Masukkan email, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru di Science And Education
Science And Education
11 komentar:
  1. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali mas bro..
    mantap.
    smga lbh bnyak lg contoh PKM2 yg di share.
    insya'allah akn brguna yg bru pertama buat PKMK

    BalasHapus
  3. haduhh,, trima kasih mase... :)

    BalasHapus
  4. file.x gak bisa admin.....:(

    BalasHapus
  5. Akan saya cek kembali. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  6. terima kasih..
    berguna bgt buat saya yang baru pertama kali bikin PKM

    BalasHapus
  7. yang di share yang benar-benar didanai.... ini didanai ga ????

    BalasHapus
  8. trimz ya mas, sebagai pemula saya akan mencobanya judul PKM K yg lain . . .

    BalasHapus

Berikanlah komentar yang sopan serta berkaitan dengan artikel. Komentar akan langsung ditampilkan tanpa menunggu moderasi.

 

About Me

Foto Saya
Auriga Maulana Khasan
Hello, I'am the author of Science And Education. I'am a teacher at one of high school in Solo, while continuing college Master of Degree. Blongging is the custom in my spare time. I wrestle the blog since 2011 on education, learning, some of the subject matter, including tips and tricks blog. See me on facebook
Email:auriga_maulana_khasan@yahoo.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Google+ Followers