Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi

Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu atau menerangkan suatu topik kepada pembaca dengan tujuan memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca.
Untuk memahaminya, pembaca perlu proses berpikir dan melibakan pengetahuan.

Apa ciri-ciri yang menonjol:
Paragraf eksposisi umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
Menginformasikan/menceritakan sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh alat indera.

Perbedaannya dengan karangan deskripsi, karangan deskripsi bertujuan menggambarkan / melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca mengatakannya sendiri.

Ada beberapa jenis paragraf eksposisi:
  1. Eksposisi berita, berisi pemberitaan mengenai suatu kejadian. Jenis ini banyak ditemukan pada surat kabar
  2. Eksposisi ilustrasi, pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan sifat. Biasanya menggunakan frase penghubung “seperti ilustrasi berikut ini, dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan.”
  3. Eksposisi proses, sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.
  4. Eksposisi perbandingan, dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.
  5. Eksposisi pertentangan, berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. frase penghubung yang biasa digunakan adalah “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”
  6. Eksposisi definisi, batasan pengertian sesuatu dengan menfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.
  7. Eksposisi analisis, proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan.
  8. Eksposisi klasifikasi, membagi sesuatu dan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori
Contoh-contoh paragraf ekspositif: 

1. eksposisi berita
Para pedagang daging sapi di pasar-pasar tradisional mengeluhkan dampak pemberitaan mengenai impor daging ilegal. Sebab, hampir seminggu terakhir mereka kehilangan pembeli sampai 70 persen. Sebaliknya, permintaan terhadap daging ayam dan telur kini melejit sehingga harganya meningkat.

2. Eksposisi ilustrasi
Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas seperti pada mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi yang terkandung dalam bahan–bahan bakarnya-yakni makanan yang ditelan– menjadi energi panas dan energi mekanis. Nasi yang Anda makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam silinder mesin mobil. Sebagian dari energi kimiawi yang disediakan oleh nasi itu diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap hangat. Sebagian lagi berubah menjadi energi mekanis yang memungkinkan otot-otot dapat memompa darah dalam tubuh atau menggerakkan dada pada waktu bernapas.

3. Eksposisi Proses
Energen, nutrisi empat sehat lima sempurna dapat disajikan dengan mudah. Tuangkan energen ke dalam gelas. Tambahkan 150 ml air hangat dan aduk hingga merata. Energen hangat siap dihidangkan.

4. Eksposisi perbandingan
Tinju bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya. Yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki. Peminatnya banyak, penggemarnya sedikit. Tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki.

5. Eksposisi pertentangan
Orang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa.

6. Eksposisi definisi
Metonimi merupakan jenis gaya kias yang menggunakan kata-kata untuk pengertian yang lebih luas aau yang lebih sempit dari artinya yang lazim. Kata-kata dengan makna luas atau menyempit digunakan untuk menamai hal-hal atau sesuatu yang dimaksudkan.

7. Eksposisi analisis
Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut. …

8. Eksposisi klasifikasi
Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, bergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama. Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik, yang menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan efek personil karya sastra pada kritikusnya.




Dapatkan update artikel GRATIS via email. Masukkan email, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru di Science And Education
Science And Education
21 comments:
  1. tnks bnget yya kakak
    ngebantu aq bngets....

    ReplyDelete
  2. wah padahal ane lagi nyari bahan untuk keponakan we yang smp..disuruh nyari cara merangkai karangan eksposisi... untung ketemus blog ini,
    makasih ya, saya jadi terbantu..

    Rgnd
    By:toko baju pria online

    ReplyDelete
  3. makasih om/ tante..
    yg udah buat pr sya jd iingan..hhehe^^

    ReplyDelete
  4. Terima kasih =) Ini membantu saya mengerjakan tugas :D

    ReplyDelete
  5. muwakaseh banngetdd:*

    ReplyDelete
  6. paragraf eksposisi

    Pemerintah akan memberikan bantuan rumah atau bangunan kepada korban gempa dan korban longsor dan banjir. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapatkan bantuan sekitar 15 juta.warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 30 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan sekitar 40 juta . Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawalan dari pihak LSM (pola pengembangan klasifikasi)

    RORO DYAH DWIJAYATRI
    X.5 / 19
    IC

    ReplyDelete
  7. Makanan dari feses manusia

    Ilmuwan asal Jepang ini agaknya sedikit berlebihan dalam menerapkan prinsip daur ulang. Betapa tidak, dia memutuskan menciptakan daging steak yang terbuat dari kotoran manusia.

    Mitsuyuki Ikeda, ilmuwan dari Okayama Laboratory, mendapatkan ide aneh ini menyusul permintaan badan pengelolaan lembah Tokyo Sewage kepadanya untuk mencari cara memanfaatkan limbah di kota itu. Demikian seperti dilaporkan Yahoo News,

    Ketika menemukan bahwa kotoran manusia ternyata mengandung protein, Ikeda bersama tim risetnya mengekstraksi protein tersebut untuk menciptakan daging artifisial. Ikeda menggunakan zat pewarna makanan untuk menciptakan warna kemerahan pada daging serta menambahkan kecap sebagai penyedap rasa.

    Lumpur kotoran itu mengandung 63 persen protein, 25 persen karbohidrat, 3 persen vitamin yang larut dalam lemak, serta 9 persen mineral.
    Tidak hanya itu, orang orang yang sudah mencobanya pasti akan merasakan nikmat seperti halnya merasakan daging sapi. Ada juga orang yang menikmati aneka masakan dari feses manusia tapi ia tidak tahu kalau yang dia makan terbuat dari fese manusia.
    Bahkan aneka masakan dari feses manusia harganya 10 s.d 20 kali lipat dari harga masakan daging sapi.

    nama: ahmad fauzi
    kelas: x.2
    no presensi: 27

    ReplyDelete
  8. paragraf eksposisi :
    Pascagempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian dari berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.

    Maha Dhika F.S
    X.2
    31

    ReplyDelete
  9. Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam yang melaporkan tiga kementerian yang diduga melakukan penggelembungan anggaran ke KPK sangatlah inspiratif dan layak didukung. Ketika Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan sibuk merevisi nama-nama anggota DPR yang diduga memeras BUMN ke Badan Kehormatan (BK) DPR, Dipo justru memilih jalur hukum dengan mendatangi KPK.

    Tindakan Dipo mestinya menginspirasi Dahlan untuk menempuh cara yang sama, yakni melaporkan anggota DPR yang diduga memeras BUMN itu ke KPK. Namun, tak jelas alasannya mengapa Dahlan tak menempuh jalan itu, melainkan malah meminta stafnya yang melaporkannya ke KPK.

    Ari Murti N
    X.2
    NO.Absen 3

    ReplyDelete
  10. Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah.Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

    Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan dibalik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.

    Pemerintah akan memberikan bantuan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapatkan bantuan sekitar 10 juta.warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan sekitar 30 juta . Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawalan dari pihak LSM

    Isnanda Aprillia Ahsanti
    X2 / 13

    ReplyDelete
  11. Bus Purwo Widodo, Kamis (6/1/2011) pagi, menabrak separator di sekitar komplek Rawa Bambu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Akibat kecelakaan mengakibatkan arus lalu lintas di sekitarnya menjadi terganggu. Tak ayal kepadatan pun terjadi.
    Bus Purwo Widodo yang melintang membuat arus kendaraan yang akan melintas harus mengantre saat melewati bus tersebut. Situasi tersebut pun berimbas kepadatan lalu lintas yang menuju Pasar Minggu.
    Hingga berita ini diturunkan, bus tersebut tengah ditangani oleh petugas laka lantas yang berada di lokasi. Kepadatan yang terjadi masih coba diurai agar lalu lintas normal kembali.

    ADITTYA WAHYU K.P
    X5
    25

    ReplyDelete
  12. Sumber kencono kembali memakan korban pada hari kamis 15/12/2010 pukul 19:30 WIB tepatnya di masaran sragen . terjadi kecelakaan maut antara sumber kencono dengan sepeda motor , kecelakaan tsb menewaskan 3 orang , dan 1 orang kritis , korbanpun di bawa ke rs amal sehat sragen . ini kecelakaan ke 2 dalam 1 minggu terakhir yg dialami sumber kencono , kecelakaan itu membuat warga sekitar marah dan menghakimi sopit bis di tempat . beruntung polisi datang dan mengamankan sopir bis tsb ,

    galuh saputra
    X5
    29

    ReplyDelete
  13. Ciplukan adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek dan hanya bisa ditemukan saat musim penghujan. Tumbuhan ini biasanya mempunyai tinggi antara 30-50 Cm, batangnya berwarna hijau kekuningan, buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning. Selain mempunyai rasa yang manis, ternyata buah ciplukan menyimpan beberapa khasiat penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti influenza, sakit paru-paru, kencing manis, dan beberapa penyakit lain. Namun meskipun memiliki beberapa khasiat penting, keberadaan tumbuhan ini sering disepelekan karena diangggap sebagai tumbuhan liar.

    Siti Alfiatur R.
    X2/23

    ReplyDelete
  14. 4L4Y banget yg koment nih blog. wkwk....
    Thanks ya, ini blog membuat gw mudah ngerjain tugas" dari sekolah.

    ReplyDelete
  15. Thanks Gan, postingan ini bermanfaat banget, menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. @Melyusti Kebkole: Sama-sama gan. Terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete

Berikanlah komentar yang sopan serta berkaitan dengan artikel. Komentar akan langsung ditampilkan tanpa menunggu moderasi.

 

About Me

My Photo
Auriga Maulana Khasan
Hello, I'am the author of Science And Education. I'am a teacher at one of high school in Solo, while continuing college Master of Degree. Blongging is the custom in my spare time. I wrestle the blog since 2011 on education, learning, some of the subject matter, including tips and tricks blog. See me on facebook
Email:auriga_maulana_khasan@yahoo.com
View my complete profile

Followers

Google+ Followers