Download RPP Berkarakter Lengkap dengan Materi

Download RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi untuk SMA kelas X LENGKAP dengan materinya. Hal tersebut ditujukan agar mempermudah di dalam mempraktikkan Rencana Program Pembelajaran tersebut. 




Lebih lanjut, silakan download RPP Berkarakter di bawah ini.

Berikut saya sertakan CONTOH salah satu bentuk RPP Berkarakter tersebut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  1. IDENTITAS
1.       Satuan Pendidikan                 : SMA Negeri 3 Surakarta
2.       Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
3.       Kelas/Semester                       : X/1
4.       Tahun Ajaran                            : 2011/2012
5.       Kompetensi                               : Mendengarkan
6.       Waktu                                          : 4 x 45 Menit (2 Pertemuan)

  1. STANDAR K0MPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
     1. Memahami siaran/cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung

         1.1 Menanggapi siaran/informasi dari media elektronik (berita/non berita)
         1.2 Mengindentifikasi unsur-unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara
               langsung/melalui rekaman

  1. INDIKATOR
  1. Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak.
  2. Mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita di dalam siaran berita radio atau televisi.
  3. Mampu menuliskan isi berita/siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami dan menyampaikan kembali secara lisan
  4. Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman.
  5. Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf.
  6. Memberikan tanggapan tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik.

  1. TUJUAN PEMBELAJARANSetelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:
  1. Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak.
  2. Mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita di dalam siaran berita radio atau televisi.
  3. Mampu menuliskan isi berita/siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami dan menyampaikan kembali secara lisan
  4. Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman.
  5. Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf.
  6. Memberikan tanggapan tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik.Karakter yang diharapkan: kritis, kreatif, tekun, tanggung jawab, dapat dipercaya

  1. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Definisi dan Jenis Tanggapan
  2. Teknik Menyampaikan Tanggapan
  3. Menemukan Unsur-Unsur Suatu Cerita 
          (terlampir)

  1. METODE PEMBELAJARAN
  1. Permodelan
  2. Diskusi
  3. Inkuiri

  1. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
  1. Engkos Kosasih. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  2. Euis Sulastri, dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemdiknas.
  3. Tampilan materi ‘Menyampaikan Tanggapan
  4. Video pendukung materi

  1. STRATEGI PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KESATU (2 x 45 MENIT)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
  1. Pendahuluan
  • Guru membuka pelajaran (doa/salam), kemudian presensi kehadiran siswa
  • Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
  • Guru memberikan motivasi masalah pendidikan
10’
  1. Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
  • Siswa bersama guru bertanya jawab tentang berita terkini yang diikuti
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang menarik dari berita yang diikuti tersebut
  • Siswa bersama guru bertanya jawab tentang isi suatu berita
b.      Elaborasi
  • Siswa menyimak pemutaran sebuah video rekaman berita
  • Siswa ditugaskna untuk mencatat pokok berita serta hal yang menarik dari berita tersebut dalam bentuk kerangka tanggapan
  • Setelah selesai, siswa membuat tanggapan utuh berdasarkan kerangka yang telah dibuat tersebut
  • Salah satu siswa maju untuk menyampaikan taggapannya terhadap berita tersebut
  • Siswa yang lain menanggapi (memberi tambahasan, kritik, saran) kepada siswa yang maju
c.       Konfirmasi
  • Siswa bersama guru membahas tanggapan yang telah disampaikan
  • Siswa bersama guru memberikan apresiasi positif pada diskusi yang dilakukan
  • Guru memberikan penguatan tentang materi yang sudah dibahas
70’
  1. Kegiatan penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dibahas
  • Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dalam pertemuan hari ini
  • Guru menyampaikan tugas untuk membawa artikel berita dari sebuah surat kabar dan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya
10’

PERTEMUAN KEDUA (2 x 45 MENIT)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
  1. Pendahuluan
  • Guru membuka pelajaran (doa/salam), kemudian presensi kehadiran siswa
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang kegiatan kesehariannya
10’
  1. Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
  • Siswa bersama guru mengulas materi pada pertemuan sebelumnya
  • Siswa bersama bersama guru bertanya jawab tentang cara menanggapi berita dengan baik dan benar
b.      Elaborasi
  • Guru memutarkan video tentang pembacaan berita
  • Siswa menyimak video pembacaan berita yang diputarkan
  • Siswa mencatat hal pokok yang terdapat dalam berita tersebut (5W+1H)
  • Siswa membuat kerangka berdasarkan unsur 5W+1H yang ditemukan
  • Siswa ditugaskan membuat rangkuman berita tersebut dengan mengembangkan kerangka yang telah dibuat dengan bahasa mereka sendiri
  • Siswa secara perwakilan beberapa maju dan membacakan rangkuman yang telah dibuat
  • Siswa yang lain menanggapi
c.       Konfirmasi
  •  Siswa mengumpulkan hasil rangkumannya kepada guru
  •  Siswa bersama guru membahas hasil siswa yang telah maju
  • Siswa bersama guru memberikan apresiasi positif pada kegiatan yang dilakukan
  • Guru memberikan penguatan tentang materi yang sudah dibahas
70’
  1. Kegiatan penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  • Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dalam pertemuan hari ini
  • Guru menyampaikan kegiatan dalam pertemuan selanjutnya
10’

  1. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
PERTEMUAN I
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
1.       Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak
2.       Mampu menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami
3.       Menyampaikan kembali secara lisan
Tes tulis

Uraian
1.     Catatlah pokok-pokok isi berita yang diputar!
2.     Tulislah dalam bentuk kerangka yang urut!
3.     Buatlah sebuah paragraf yang utuh dari kerangka tersebut!
4.     Sampaikan secara lisan hasil tulisanmu kepada teman yang lain!


      PERTEMUAN II
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
1.       Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
2.       Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
Tes tulis

Uraian
1.       Identifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik cerita yang diputarkan!
2.       Tuliskan secara ringkas isi cerita tersebut dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf!

§  Afektif
SK

KD


NAMA SISWA
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
Jumlah
(1)
(2)
(4)
(5)
(6)
















        Kriteria penilaian                                                                                                                             
Butir Soal
Kriteria
Skor Maks
  1. Catatlah pokok-pokok isi berita yang diputar!
  2. Tulislah dalam bentuk kerangka yang urut!
  3. Buatlah sebuah paragraf yang utuh dari kerangka tersebut!
  4. Sampaikan secara lisan hasil tulisanmu kepada teman yang lain!
  5. Tuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf!
  1. Mencatat pokok-pokok isi berita yang diputar (5W+1H)
  2. Menuliskan kerangka yang urut
  3. Membuat paragraf yang utuh dari kerangka tersebut
  4. Menyampaikan secara lisan hasil tulisan dengan runtut dan bahasa yang baik
  5. Menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
100

100
100

100


100
JUMLAH
500
Nilai akhir = (1)+(2)+(3)+(4)+(5)/5



Mengetahui,                                                                        Surakarta,    Januari 2012
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


---------------------------------                                                    -----------------------------------
NIP.                                                                                     NIP.


LAMPIRAN MATERI

Cara Menyampaikan Tanggapan dan Pertanyaan
Diskusi merupakan suatu bentuk bertukarpikiran yang teratur dan terarah baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Beberapa pendapat akan muncul dalam diskusi. Pendapat merupakan gagasan, pikiran, atau ide tentang suatu hal (orang atau peristiwa).
Jika Anda mengajukan pendapat dalam diskusi, Anda harus menyertakan argumentasi. Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat, gagasan, dan sikap. Anda dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap pendapat orang lain. Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis.
Contoh kalimat persetujuan pendapat:
Saya sependapat dengan pendapat Saudara bahwa motivasi itu berasal dari diri sendiri dan didukung oleh dorongan orang-orang sekitar. Hal terpenting untuk memotivasi diri adalah tetap teguh pendirian dan sabar.
Contoh kalimat penolakan pendapat:
Saya kurang sependapat dengan apa yang Anda sampaikan karena wirausaha memerlukan modal, bukan hanya kemauan. Kemauan tanpa ada kemampuan sama saja nol.
Agar Anda mampu mengemukakan pendapat dengan alasan yang logis, lakukan langkah-langkah berikut.
1.       Berpikir kritis dan logis.
2.       Menjauhkan emosi dan subjektivitas.
3.  Mampu memilih fakta yang sesuai dengan tujuan sehingga dapat ditarik kesimpulan yang sulit dibantah.
Selain tanggapan, dalam diskusi juga ada berbagai pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan tersebut harus sesuai dengan materi yang dibahas. Pertanyaan tidak boleh memojokkan orang lain.
Contoh:
Kita mengetahui bangsa Indonesia memiliki keragaman suku dan budaya. Bagaimana pemerintah memajukan Indonesia dengan beragam perbedaan kultur dan budaya tersebut?
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengemukakan tanggapan.
1.       Cara mengemukakan pertanyaan dan tanggapan.
  • Pertanyaan dan tanggapan yang dikemukakan berhubungan dengan masalah yang sedang dibicarakan.
  • Pertanyaan dan tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah, penemuan sebab, dan pemecahan masalah.
  • Pertanyaan dan tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain.
  • Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan kata dan kalimat yang tepat.
  • Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan.
  • Pertanyaan dan tanggapan dapat didukung atau diperjelas dengan gerak, mimik, nada suara, tekanan, dan intonasi.
2.       Menolak atau menyanggah pendapat orang lain harus mengingat hal berikut.
  • Emosi marah dan prasangka negatif harus dihindari.
  • Sanggahan harus objektif, logis, dan jujur.
  • Menunjukkan data, fakta, ilustrasi, contoh, atau perbandingan yang dapat meyakinkan peserta lain.
  • Sanggahan atau penolakan disampaikan secara urut, terperinci, teliti, dan tidak berbelit belit. Dengan demikian, sanggahan mudah dimengerti.
  • Jangan menjelekkan orang lain
Silakan lihat juga Download RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMA Kelas X




Dapatkan update artikel GRATIS via email. Masukkan email, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru di Science And Education
Science And Education
0 comments:
Post a Comment

Berikanlah komentar yang sopan serta berkaitan dengan artikel. Komentar akan langsung ditampilkan tanpa menunggu moderasi.

 

About Me

My Photo
Auriga Maulana Khasan
Hello, I'am the author of Science And Education. I'am a teacher at one of high school in Solo, while continuing college Master of Degree. Blongging is the custom in my spare time. I wrestle the blog since 2011 on education, learning, some of the subject matter, including tips and tricks blog. See me on facebook
Email:auriga_maulana_khasan@yahoo.com
View my complete profile

Followers

Google+ Followers