10 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah

tips menjadi siswa berprestasi, cara belajar, meningkatkan prestasi, juara kelas, cara belajar
10 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah. Banyak cara untuk menjadi siswa yang berprestasi. Tapi sayangnya, prestasi selalu dikalahkan oleh sifat malas dan ketidakseriusan dalam belajar. Banyak siswa yang belajar sekadar masuk tanpa disertai masuknya ilmu. Selalu santai dan ingin mendapatkan nilai baik serta naik kelas. Wake Up! 

Sukses tanpa usaha? Konyol. Telah difirmankan bagi seseorang yang ingin sukses, selayaknya KERJA KERAS disertai dengan dan ibadah.

Saya yakin, hidup cerah selalu menunggu di depan. Dengan belajar yang giat diniati untuk masa depan dan kedua orang tua, anda akan mampu membuka jendela keceriaan. 

Untuk mewujudkan semua itu, Science And Education mencoba memberikan 10 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah. Diharapkan dengan melakukan secara sungguh-sungguh, kalian pun akan menjadi siswa yang berprestasi. Sedari dini ubahlah siap hidup kalian, dan perhatikan 10 hal berikut ini.
 
1. Jadilah seorang pemimpin > Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.

2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik dan aktif dalam pembelajaran.
Cobalah menulis penjelasan materi yang diterangkan guru. Penjelasan itulah yang berharga yang hanya dapat kalian dapatkan ketika mengikuti pelajaran. Ambil intinya dan tulis di buku catatan. Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.

3. Jangan malu untuk bertanya.
Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal. Justru hal yang kalian tanyakan akan lebih kuat terekam dalam memori. Selalu bertanya sampai memahami yang dicirikan mampu membuat kesimpulan pemahaman.
tips belajar, 10 cara belajar, cara menjadi siswa berprestasi, meningkatkan prestasi, menjadi juara, menjadi siswa sukses

4. Kerjakan tugas dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya.
Jangan malas mengerjakan tugas atau PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Kesempurnaan tahapan belajar yakni menutupnya dengan latihan soal.

5. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan.
Tips ini sering kali jarang yang melakukan. Padahal, efeknya sangat signifikan dalam meningkatkan prestasi. Tidak perlu lama-lama mengulang, istirahat sebentar, makan, dan ulang pelajaran cukup 30 menit dilakukan secara rutin. Terlebih ditambah belajar malam
Pukul 13.30 WIB pulang, istirahat. Pukul 14.30 WIB ulang pelajaran secara ringan sampai adzan terdengar [Break]. Malam pukul 19.30 WIB belajar malam dengan intensitas serius tinggi, sampai 21.00 WIB dan tidur.

6. Cukup istirahat, makan dan bermain.
Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!

7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.

8. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

9. Cari seorang pembimbing yang baik.
Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari guru lain atau teman yang berprestasi.

10. Jangan suka mencontek teman.
Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.

Demikian 10 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah, semoga membuat kalian semakin menjadi siswa berkualitas.
 



Dapatkan update artikel GRATIS via email. Masukkan email, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru di Science And Education
Science And Education
1 komentar:
  1. What i don't understood is in truth how you're now not really a lot more neatly-liked than you might be now.
    You are so intelligent. You recognize thus significantly in relation to this topic, produced me in my view consider
    it from numerous varied angles. Its like women and men don't seem to be fascinated unless it's something to do with Lady gaga!
    Your individual stuffs great. All the time handle it up!
    Have a look at my blog : collection of louis vuitton mens

    BalasHapus

Berikanlah komentar yang sopan serta berkaitan dengan artikel. Komentar akan langsung ditampilkan tanpa menunggu moderasi.

 

About Me

Foto Saya
Auriga Maulana Khasan
Hello, I'am the author of Science And Education. I'am a teacher at one of high school in Solo, while continuing college Master of Degree. Blongging is the custom in my spare time. I wrestle the blog since 2011 on education, learning, some of the subject matter, including tips and tricks blog. See me on facebook
Email:auriga_maulana_khasan@yahoo.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Google+ Followers