Informasi SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2013

SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2013, SNMPTN, Seleksi Masuk perguruan tinggi, informasi snmptn, Ujian
Informasi SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2013. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri) Jalur Undangan adalah salah satu dari beberapa jalur untuk dapat mendapat 1 kursi di Perguruan Tinggi negeri. Jalur ini berdasarkan penjaringan ketat dengan memperhatikan prestasi akademik peserta didik. SNMPTN Jalur undangan 2013 ini dibuka agar dapat memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Dalam seleksi pertama penjaringan calon peserta SNMPTN jalur undangan ini yang berhak melakukan penjaringan adalah pihak sekolah masing-masing berdasar rekomendasi dari kepala sekolah yang berkaitan. Secara mekanisme dalam pendaftaran jalur undangan, siswa pelamar dapat memilih maksimal dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diminati dan dua program studi pada tiap-tiap PTN.


SNMPTN Jalur Undangan sebenarnya merupakan inovasi dari dikti untuk merekrut mahasiswa berprestasi di sekolah. Dulu pernah dikenal dengan PMDK, atau juga mungkin PMJK (Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus). Kini, dengan SNMPTN Jalur Undangan 2013 semua siswa berprestasi di seluruh Indonesia dapat masuk ke perguruan tinggi negeri pilihannya asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai jalur masuk di perguruan tinggi negeri di Indonesia, pelaksanaan SNMPTN setiap tahun selalu mengalami perubahan. Tahun lalu penerimaan SNMPTN terdiri atas dua jalur utama, yakni SNMPTN Jalur Undangan dan SNMPTN Jalur tertulis.

Jadwal pendaftaran jalur undangan atau SNMPTN 2013 dimulai tanggal 1 Februari hingga 8 Maret 2013. Proses seleksi digelar pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Pengumuman hasil seleksi snmptn jalur undangan 28 Mei 2013 dan pendaftaran ulang siswa yang lulus seleksi 11-12 Juni 2013.  
SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2013, SNMPTN, Seleksi Masuk perguruan tinggi, informasi snmptn, Ujian


Yang istimewa dari Jalur Undangan 2013 ini adalah siswa tidak akan dites secara langsung, melainkan hanya dengan melampirkan nilai raport dari Semester 3 hingga 5. Seperti juga jalur undangan tahun sebelumnya, proses penginputan nilai raport dilakukan oleh pihak sekolah. Bisa oleh kepala sekolah atau juga wakil kepala sekolah.


Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang akan menggunakan hasil Ujian Nasional sebagai salah satu instrumen persyaratan untuk memasuki PTN. Dilansir dari Kompas.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menyatakan bahwa SNMPTN 2013 nanti akan didasarkan pada nilai rapor, prestasi lain, serta hasil UN. Sekolah dengan akreditasi apapun bisa mendaftarkan siswanya ke PTN manapun tanpa ada batas kuota.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/persyaratan-lengkap-untuk-ikuti-snmptn-2013/
Copyright © CiriCara.com
Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang akan menggunakan hasil Ujian Nasional sebagai salah satu instrumen persyaratan untuk memasuki PTN. Dilansir dari Kompas.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menyatakan bahwa SNMPTN 2013 nanti akan didasarkan pada nilai rapor, prestasi lain, serta hasil UN. Sekolah dengan akreditasi apapun bisa mendaftarkan siswanya ke PTN manapun tanpa ada batas kuota.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/persyaratan-lengkap-untuk-ikuti-snmptn-2013/
Copyright © CiriCara.com
Syarat utama siswa untuk dapat diterima pada jalur undangan adalah termasuk dalam peringkat tertentu di sekolah. 
Sekolah dengan akreditasi A diberikan kuota sebanyak 50% terbaik siswa selama semester 3 - 5. Syarat ini dipertegas dengan aturan bahwa setiap siswa yang akan didaftarkan pada SNMPTN Jalur Undangan harus memiliki peringkat termasuk dalam 50% terbaik selama 3 semester berturut-turut secara konsisten. 

Sekolah dengan akreditasi B diberikan kuota sebanyak 25% dari siswa terbaik selama semester 3 - 5. 

Contoh Kasus 1 :
Budi adalah siswa Jurusan IPA dari SMAN 1 Bone-Bone yang memiliki akreditasi A. Jumlah siswa Jurusan IPA di sekolah tersebut adalah 100 orang. Karena akreditasinya A, maka dari SMAN 1 Bone-Bone akan diterima 50 siswa dengan prestasi terbarik yang konsisten pada semester 3, 4 dan 5. Budi memiliki peringkat sebagai berikut : Peringkat 29 pada Semester 3, Peringkat 49 pada Semester 4 dan Peringkat 34 pada semester 5. Melihat kasus ini, Budi akan lolos pada seleksi awal SNMPTN Jalur Undangan karena peringkatnya konsisten di 3 semester yang disyaratkan. Penghitungan peringkat akan dilakukan oleh sistem (dalam hal ini website jalur undangan), hanya dengan memasukkan nilai rapor secara kolektif. Penghitungan peringkat juga didasarkan pada peringkat jurusan pada level sekolah, bukan level kelas. Jadi nanti akan diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat akhir untuk jurusan IPA dan juga akan diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat akhir untuk jurusan IPS.
Contoh Kasus 2 :
Mila adalah siswi jurusan IPS di SMAN 1 Bone-Bone, sebuah sekolah di kabupaten Luwu Utara dengan akreditasi A. Jumlah siswa jurusan IPS di sekolah tersebut adalah 200 orang, dan peringkat Mila selama 3 semester dimaksudkan berturut-turut sebagai berikut : 87, 114, 99. Karena jumlah siswa jurusan IPS adalah 200 orang, berarti akan diterima kuota sebanyak 100 siswa yang akan mendaftar di jalur undangan. Nah, dalam hal ini Mila tidak dapat memenuhi syarat peringkat konsisten di 50% terbaik pada semester ke 4, yakni dengan peringkat 114. Maka otomatis nanti Mila tidak akan lolos di Jalur Undangan.
Begitulah model penghitungan awal yang dijadikan syarat untuk SNMPTN Jalur Undangan 2013. Untuk melakukan semua itu, kepala sekolah hanya perlu mengupload nilai-nilai siswa kelas XII secara keseluruhan. Upload nilai ini telah disetting sedemikian rupa sehingga tidak terlalu menyulitkan. Di website nanti akan ada template untuk memasukkan nilai siswa untuk semua jurusan di Kelas XII.
Dengan jalur undangan ini, sekolah diberikan kepercayaan untuk mendaftarkan siswa mereka ke perguruan tinggi negeri tanpa banyak prosedur. Untuk bagian awal, pihak sekolah lah yang harus proaktif dan bekerja keras dalam mencari informasi dan menyelesaikan prosedur pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2013.
Semoga info awal ini bermanfaat. Science And Education




Dapatkan update artikel GRATIS via email. Masukkan email, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru di Science And Education
Science And Education
3 komentar:
  1. Jika aturan seperti itu,apa fungsi piagam bagi siswa yang berprestasi?... bagaimana perhitungannya?...

    BalasHapus
  2. @Anonim: Terpaksa saya menjawab anonim. Sepertinya anda kurang begitu banyak membaca informasi SNMPTN. Di samping nilai UN besok juga diperhitungkan sebagai salah satu diterimanya Universitas, tentu saja piaga mempunyai poin tersendiri.
    Penerimaan tes PTN tergantung dari tes PTN itu sendiri, tetapi kali ini nilai UN juga turut diperhitungkan. Apalagi piagam, pstinya akan membrikan kredit poin tersendiri.

    BalasHapus
  3. hallo min .mau tanya dan tolong di jwab y . perhitungan nilai kan dri smt 3-5 lalu pelajaran apa sj yg dgunkan sbgai pedoman pnrimaan jalur undangan ? apakah smua peljran yg di UN kan atau hnya pljran mat , fisika , kimia dan biologi ? tolong di jwab ya . thnks before :)

    BalasHapus

Berikanlah komentar yang sopan serta berkaitan dengan artikel. Komentar akan langsung ditampilkan tanpa menunggu moderasi.

 

About Me

Foto Saya
Auriga Maulana Khasan
Hello, I'am the author of Science And Education. I'am a teacher at one of high school in Solo, while continuing college Master of Degree. Blongging is the custom in my spare time. I wrestle the blog since 2011 on education, learning, some of the subject matter, including tips and tricks blog. See me on facebook
Email:auriga_maulana_khasan@yahoo.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Google+ Followers